Sukses

Persebaya dan Arema Tidak Satu Wilayah di ISL Musim Depan

"Kami tidak mempertimbangkan hal tersebut sebab Persebaya dan Arema bisa saja bertemu di babak delapan besar," kata Joko.

PT Liga Indonesia telah menentukan pembagian wilayah kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2013-2014. Hasilnya, Persebaya Surabaya berada di Wiliyah Timur bersama dengan juara ISL musim lalu, Persipura Jayapura.

Dari hasil keseluruhan, di samping Persebaya, ada tiga klub pulau Jawa lainnya tergabung di wilayah Timur. Serta ada satu tim Kalimantan tergabung dalam wilayah Barat, yakni Barito Putera.

Sementara tiga klub pulau Jawa lainnya selain Persebaya yang tergabung di wilayah Timur adalah Persela Lamongan, Persiba Bantul dan Persepam Madura.

"Kami baru saja menyelesaikan rapat pembagian wilayah pada pukul 10.00 pagi WIB tadi. Pembagian wilayah ini tentunya sudah melalui beberapa pertimbangan seperti aspek geografis, level kompetisi dalam satu grup dan efisiensi pembiayaan," kata CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono, di kantor PSSI, Jumat (3/12/2013).

"Sementara untuk level kompetisi, kami mempunyai metode kualitatif dalam mengukur skor masing-masing wilayah. Di Wilayah Barat, jumlah skor mencapai 84, sedangkan Timur 87. Dengan demikian maka kompetisi menjadi seimbang," sambungnya.

Di samping itu, Joko juga menjelaskan pertimbangan mengenai kandang yang akan digunakan seperti hanya Persiba. Klub asal Bantul itu berada di Wilayah Timur karena Stadion Maguwoharjo juga digunakan oleh Persiram Raja Ampat.

Pada musim ini, Persebaya akan berkompetisi dalam wilayah yang berbeda dengan Arema Indonesia. Dijelaskan oleh pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI itu, pembagian wilayah tidak didasarkan antara rivalitas suporter klub.

Persebaya dan Arema merupakan klub yang memiliki basis suporter yang sangat fanatik. Bonek (Persebaya) dan Aremania (Arema) juga kerap terlibat kontak fisik jika bertemu dalam satu pertandingan.

"Kami tidak mempertimbangkan hal tersebut (rivalitas suporter) sebab Persebaya dan Arema bisa saja bertemu di babak delapan besar, jika keduanya lolos. Sementara mengenai protes untuk pembagian grup boleh dilayangkan, tapi tidak bisa mengubah keputusan," ujar Joko. (lul)

Berikut Pembagian Grup ISL Musim 2013/14:

Wilayah Barat
1. Arema Indonesia
2. Gresik United
3. Persija Jakarta
4. Semen Padang
5. Sriwijaya FC
6. Persita Tangerang
7. Persik Kediri
8. Persijap Jepara
9. Persib Bandung
10. Pelita Bandung Raya
11. Barito Putera

Wilayah Timur
12. Persipura Jayapura
13. Perseru Serui
14. Mitra Kukar
15. Persisam Samarinda
16. PSM Makassar
17. Persiram Raja Ampat
18. Persiba Bantul
19. Persela Lamongan
20. Persepam Madura
21. Persebaya Surabaya
22. Persiba Balikpapan


Baca Juga:
Liverpool Diramal Dukun Bakal Jadi Juara
Pemain Buangan Chelsea Kian Dekat ke Old Trafford
Michael Laudrup Yakin Swansea Tidak Terdegradasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini