Sukses

[Full Time] Alexis Hattrick, Barca Gilas Elche

Tampil di hadapan publiknya sendiri, Barca tampak trengginas. Tim tamu dilibas 4-0 tanpa balas. Alexis jadi bintang lapangan.

Meski tanpa Lionel Messi, Barcelona tetap tampil memukau di pekan ke-18 La Liga saat menjamu Elche di Camp Nou, Minggu (5/1/2014) malam WIB. Tim asuhan Gerardo Martino itu menggilas tamunya 4-0. Adalah Alexis Sanchez yang menjadi bintang pertandingan malam itu dengan mencetak hattrick.

Tampil dihadapan publiknya sendiri, Barca tampak trengginas. Apalagi lawan yang dihadapi jauh dibawah mereka secara kualitas maupun pengalaman. Hanya saja, Elche tampak percaya diri berlebihan sehingga mereka bermain terbuka.

Akibatnya, pertandingan baru berjalan tujuh menit gawang Elche yang dikawal kiper Tono, kebobolan melalui tembakan Alexis. Penyerang asal Chile itu melesatkan sepakan dari dalam kotak penalti yang tidak dapat dihalau kiper Tono setelah mendapat umpan tarik Jordi Alba.

Unggul satu gol tidak membuat Barca mengendurkan serangan. Alhasil di menit ke-16, Barca menggandakan keunggulan melalui gol Pedro Rodriguez. Penyerang asal Spanyol itu mempedaya Tono dengan sepakan kaki kiri setelah mendapat umpan matang Francesc Fabregas.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya menit ke-48, Barca meraih kesempatan memperlebar jarak usai mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Cristian Sapunaru terhadap Fabregas. Namun Xavi yang bertindak sebagai algojo, tembakannya melebar ke kiri gawang Panto.

Di menit ke-63, Alexis kembali merobek jala gawang Elche. Gol ini berawal dari skema serangan yang tersusun rapih. Umpan Iniesta dari lini tengah kepada Pedro yang menyisir sisi kiri, kemudian langsung meneruskan bola kepada Alexis yang berada di depan gawang Elche. Tanpa berlama-lama, Alexis melesatkan tembakan yang mengarah ke kanan bawah gawang Tono.

Selang enam menit kemudian, malapetaka bagi Elche kembali datang ketika Barca mendapat tembakan bebas di depan kotak penalti. Alexis sebagai eksekutor, sukses membuat bola bersarang ke gawang Tono melalui tendangan keras yang mengarah ke pojok kiri atas.

Di sisa waktu pertandingan, Barca terus menyerang tanpa memberikan kesempatan sedikitpun kepada Elche untuk mengembangkan permainan. Kendati demikian hingga wasit meniup peluit panjang, skor 4-0 untuk keunggulan Barca tidak berubah.

Statistik memperlihatkan, Barca mendominasi jalannya pertandingan dengan 66 persen penguasaan bola dan 12 kali percobaan tembakan ke gawang. Sementara Elche dengan 34 persen dan 3 kali usaha tembakan ke gawang namun tidak ada satu pun yang tepat sasaran.

Berkat kemenangan ini Barca kembali ke puncak klasemen yang sehari sebelumnya sempat direbut Atletico Madrid dengan koleksian poin sama, 49. Barca hanya unggul dalam koletivitas gol. Sementara Elche kini berada di posisi ke-14, kian terancam masuk zona degradasi dengan mengantongi 17 poin.

Susunan pemain:

Barcelona
: Valdes; Montoya, Pique, Bartra, Alba; Song, Iniesta, Xavi; Pedro, Fabregas, Alexis
Elche: Tono; Sapunaru, Botia, Lomban, Edu Albacar; Aaron Niguez, Sanchez, Ruben Perez, Fidel, Carles Gil; Boakye

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini