Atletico vs Barcelona: Pertarungan Dua Penguasa

  • Prediksi
  • 0
  • 11 Jan 2014 13:05
Atletico Madrid yang musim ini kian menunjukkan keperkasaannya mendapat ujian berat di pekan ke-19 La Liga. Bermain di markas sendiri, Estadio Vicente Calderon, Minggu (12/1/2014) dinihari WIB, Atletico akan dihadapkan dengan Barcelona, tim yang dalam beberapa musim terakhir sukses memegang kekuasaan di daratan Spanyol dan Eropa.

Laga ini tentunya tak bisa dipandang sebelah mata. Meski Atletico tak memiliki banyak pemain bintang seperti Barca, mereka tetap patut mendapat sorotan. Sebab sejauh ini, Atletico mampu tampil luar biasa hingga bisa menyamai perolehan poin Barca di papan klasemen La Liga.

Untuk sementara, Atletico dan Barca sama-sama mengemas 49 poin. Namun Barca sedikit lebih baik karena mereka unggul dalam hal agresifitas gol. Klub asuhan Gerardo Martino tersebut bisa menorehkan 53 gol memasukan berbanding 12 gol kemasukan.

Sementara itu, Atletico baru menjebol gawang lawan sebanyak 47 kali. Tapi catatan kebobolan mereka cukup bagus karena hingga pekan ke-18, hanya 11 gol yang bisa bersarang ke gawang tim berjuluk Los Rojiblancos tersebut.

Catatan yang dimiliki Atletico itu tentunya menjadi masalah besar buat kubu El Barca. Jika tak mampu mengatasinya, rasanya sulit bagi Barca untuk bisa membawa kemenangan dari markas Atletico.

Demi mengatasi persoalan tersebut, pelatih Gerardo Martino sepertinya akan langsung mengandalkan Lionel Messi sebagai ujung tombak. Pemain Argentina yang baru pulih dari cedera itu sudah kembali unjuk kemampuan dengan mencetak dua gol saat Barca bertemu Espanyol di ajang Copa del Rey 9 Januari kemarin.

Selain Messi, Barca masih memiliki tiga striker yang tak kalah hebatnya. Nama-nama seperti Alexis Sanchez, Pedro Rodriguez, dan Neymar da Silva bisa saja jadi momok yang menakutkan buat kubu tuan rumah. Jikapun tiga striker itu gagal menunjukkan aksi terbaik, Barca masih bisa mengandalkan gelandang lincah nan cerdik seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, ataupun Cesc Fabregas.

Namun yang jadi masalah, lini belakang Barca yang musim ini seolah-olah memiliki lubang besar. Klub berjuluk Los Blaugrana tersebut terlalu mengandalkan ketangguhan Gerard Pique sebagai bek tengah dan jika sang pemain tidak tampil baik seperti yang diharapkan, lini belakang Barca sepertinya bisa dengan mudah ditembus para penyerang lawan.

Barca memang memiliki Carles Puyol, Javier Mascherano, dan Martin Montoya yang juga bisa berperan sebagai bek tengah. Namun dari ketiganya, hanya Mascherano yang kerap mendapat kepercayaan tampil di skuat utama. Untuk Montoya, dirinya masih sering tampil labil hingga menimbulkan kekhawatiran di salam diri Martino. Sedangkan Puyol, bek senior Barca itu masih belum berada dalam kondisi prima karena baru pulih dari cedera.

Atletico tentu tak ingin melewatkan kesempatan saat tampil di markas sendiri. Demi mengamankan poin sempurna, klub asuhan Diego Simeone tersebut diyakini bakal menurunkan semua pemain terbaiknya.

Dari 25 pemain yang ada di skuat utama Atletico, hanya Mario Suarez yng berhalangan hadir. Pemain berusia 26 tahun itu terpaksa absen di laga ini karena ia sedang mengalami cedera di bagian lututnya.

Tapi keadaan tersebut rasanya tak menimbulkan masalah besar pada skuat Atletico. Sebab klub yang berdomisili di ibukota Spanyol itu masih memiliki pemain-pemain hebat lainnya seperti David Villa, Diego Costa, Arda Turan, Raul Garcia, Koke, Juanfran, dan sang kiper berbakat yang jadi incaran Barcelona, Thibaut Courtois.

Catatan kedua klub dalam lima laga terakhir sama-sama menakjubkan. Baik Atletico dan Barca selalu bisa terhindar dari kekalahan. Namun dari lima pertemuan terakhir, Barca sedikit unggul karena bisa menang tiga kali dari Atletico.

Prakiraan formasi:
Atletico Madrid: Courtois; Juanfran, Miranda, Godin, Filipe Luis; Koke, Gabi, Arda Turan, Raul Garcia; Villa, Diego Costa

Barcelona: Valdes; Alves, Mascherano, Pique, Alba; Xavi, Busquets, Iniesta; Alexis, Messi, Pedro

Head to Head
29 Agustus 2013 Barcelona 0 - 0 Atletico Madrid Piala Super Spanyol
22 Agustus 2013 Atletico Madrid 1 - 1 Barcelona Piala Super Spanyol
13 Mei 2013 Atletico Madrid 1 - 2 Barcelona La Liga
17 Desember 2012 Barcelona 4 - 1 Atletico Madrid La Liga
27 Februari 2012 Atletico Madrid 1 - 2 Barcelona La Liga

Lima Laga Terakhir Atletico Madrid
08 Januari 2014 Valencia 1 - 1 Atletico Madrid Copa del Rey
04 Januari 2014 Malaga 0 - 1 Atletico Madrid La Liga
22 Desember 2013 Atletico Madrid 3 - 2 Levante La Liga
19 Desember 2013 Atletico Madrid 2 - 1 Sant Andreu Copa del Rey
16 Desember 2013 Atletico Madrid 3 - 0 Valencia La Liga

Lima Laga Terakhir Barcelona
09 Januari 2014 Barcelona 4 - 0 Getafe Copa del Rey
05 Januari 2014 Barcelona 4 - 0 Elche La Liga
22 Desember 2013 Getafe 2 - 5 Barcelona La Liga
18 Desember 2014 Barcelona 3 - 0 Cartagena Copa del Rey
15 Desember 2014 Barcelona 2 - 1 Villarreal La Liga

Credit: Ary


Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler