Sukses

Dapat Dukungan Legenda, Ronaldo Sabet Ballon d'Or Tahun ini?

Ronaldo difavoritkan banyak pihak meraih Ballon d'or, mulai dari legenda Brasil Roberto Carlos dan legenda Portugal Luis Figo.

FIFA Ballon d'Or sejatinya adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada seorang pesepakbola yang tampil bagus dalam satu tahun kalender FIFA. Jika penilaian tersebut dijalankan maka sudah selayaknya bintang Real Madrid dan Portugal, Cristiano Ronaldo yang pantas dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia 2013.

Tahun ini, Ronaldo bersama Lionel Messi dan Franck Ribery menjadi tiga finalis peraih FIFA Ballon d'Or 2013. Ketiganya menyisihkan 20 orang pemain lain, termasuk pemain termahal di dunia saat ini Gareth Bale, Luis Suarez, dan Neymar. Pertanyaan umum yang muncul adalah, siapakah dari ketiga kandidat itu yang paling layak?

Messi adalah pemain terbaik di dunia dalam empat tahun terakhir. Selama kurun waktu tersebut kapten timnas Argentina itu selalu berhasil menyisihkan Ronaldo.

Pada dua tahun terakhir Messi selalu berhasil menempatkan Ronaldo sebagai yang terbaik kedua. Satu hal yang membuat Messi lebih baik dari Ronaldo di tahun ini adalah keberhasilan membawa klubnya, Barcelona, menjuarai La Liga musim lalu.

Bagaimana dengan Ribery? Pemain asal Prancis itu menjalani musim yang luar biasa bersama Bayern Muenchen sepanjang musim 2012/13. Dia berhasil mengantarkan Muenchen merebut tiga gelar, Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions. Ribery bahkan sudah disahkan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2012/13 beberapa bulan lalu.

Dibandingkan Messi dan Ribery, Ronaldo jelas tidak memberikan gelar apa pun kepada Real Madrid. Namun performa individunya jauh lebih memukau.

Seperti data yang dilansir Infostrada Sports, pemain berjuluk CR7 sudah mencetak 67 gol dari 56 pertandingan sepanjang 2013. Termasuk empat gol ke gawang Swedia di play-off Piala Dunia 2014 yang membuat Portugal lolos dramatis ke Brasil dan 14 gol di Liga Champions hingga matchday kelima bersama Madrid.

Ronaldo juga difavoritkan banyak pihak meraih Ballon d'or, mulai dari legenda Brasil Roberto Carlos, legenda Portugal Luis Figo hingga beberapa pelatih yang memiliki hak suara yakni pelatih Rusia, Fabio Capello.

Selain itu, beberapa voting dan bursa taruhan selalu menempatkan Ronaldo di tempat teratas. Hal itu didukung dengan penampilan Messi yang sempat mengalami cedera pada tahun lalu dan hal tersebut membuat Ronaldo semakin melenggang meraih piala emas itu.

Jadi kita tunggu saja pengumuman peraih Ballon d'Or akan dilakukan 13 Januari 2014 di Zurich, Swiss. Apakah Ronaldo berhasil mendapatkan gelar yang pernah diraihnya saat masih berkostum Manchester United 2008 lalu. (Jef/berbagai sumber)

Baca Juga:
Ballon d'or 2013, Akankah Messi Lagi dan Lagi?
Wuih... Seksinya Gandengan Baru dari Ronaldinho
Jelang Gala Ballon d'Or, Fans Barca Lecehkan Ronaldo


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini