Sukses

Ditahan Persiram, Persipura Gagal Lolos ke Delapan Besar

Persipura gagal maju ke babak selanjutnya, karena kalah head to head dari Perseru Serui.

Persipura Jayapura gagal mendapatkan tiket delapan besar Inter Island Cup (IIC) 2014 dari zona Sulawesi-Papua setelah bermain imbang 2-2 melawan Persiram Raja Ampat di Stadion Mandala, Senin (13/1/2014). Kendati unggul selisih gol dan meraih poin sama, Persipura gagal maju ke babak selanjutnya, karena kalah head to head dari Perseru Serui. Di laga perdana, Persipura menelan kekalahan 2-3.

Dengan demikian, Perseru masuk ke Grup A, dan akan bergabung dengan juara zona Sumatera yang masih diperebutkan antara Semen Padang dan Sriwijaya FC, serta Arema Cronus yang menjadi jawara zona Jawa 2, dan Barito Putera atau Mitra Kukar dari zona Kalimantan.

Di laga ini, pelatih Jacksen F Tiago menduetkan Yohanes Pahabol dan Titus 'Tibo' Bonai di barisan depan, dan menjadikan Ian Kabes sebagai kapten yang berperan menjadi penyerang lubang. Sedangkan Gomes de Oliviera mengandalkan Osas Saha dan Steven Imbiri untuk menggedor pertahanan tim Mutiara Hitam.

Persipura yang mendapat dukungan penuh dari suporternya mengawali laga dengan baik, dan menerapkan permainan agresif di laga ini. Namun, alih-alih membuka keunggulan, kubu tuan rumah terhenyak setelah mereka tertinggal lebih dulu melalui gol Osas Saha.

Persipura yang belum pulih dari keterkejutan kembali harus tertunduk selang dua menit kemudian. Buruknya koordinasi di sektor belakang membuat Persiram mampu menggandakan keunggulan lewat gol Moses Banggo.

Tertinggal dua gol, Persipura mencoba bangkit. Upaya itu membuahkan hasil menjelang babak pertama berakhir. Tendangan keras Ian Kabes dari luar kotak penalti menjebol gawang Deny Marsel.

Persipura yang tertinggal satu gol bermain lebih agresif di babak kedua, setidaknya untuk menyamakan kedudukan. Jacksen memasukkan Izaac Wanggai menggantikan Imanuel Wanggai.

Upaya Persipura untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-58. Berawal dari umpan pendek yang dilepaskan Pahabol, Nelson Alom kemudian meneruskannya ke dalam gawang Persiram, sehingga mengubah papan skor menjadi 2-2.

Susunan Pemain:

Persipura: Yoo Jae Hoon, Bio Paulin, Andri Ibo, Ruben Sanadi, Lim Jun Sik, Immnuel Wanggai, Tinus Pae, Nelson Alom, Ian Kabes, Tibo, Yohanes Pahabol.

Persiram: Deny Marsel, Ortizan Solossa, Leonard Tupamahu, Elvis Herawan, Sa'anun Al Qadry, Kubay Quaiyan, Imanuel Padwa, Moses Banggo, Mbida Messi, Osas Saha, Steven Imbiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.