Sukses

Nih! Lima Tim Kandidat Juara ISL Musim 2014

Jelang bergulirnya kompetisi ISL musim ini, siapakah timnya yang menjadi favorit meraih gelar juara? Berikut lima tim yang berpeluang juara

Kompetisi tertinggi di tanah air Indonesia Super League (ISL) tahun 2014 akan segera bergulir pada 1 Februari 2014. ISL musim ini sedikit berbeda dengan musim lalu, kali ini akan diikuti oleh 22 tim yang akan dibagi menjadi dua wilayah, timur dan barat.

Baik wilayah timur dan barat akan diisi oleh 11 tim dengan sistem kandang dan tandang. Setelah itu, empat tim teratas dari wilayah timur dan barat berhak maju ke babak delapan besar dengan sistem kandang dan tandang hingga partai final.

Di akhir musim, empat tim terbawah dari masing-masing wilayah akan terdegradasi. Sementara itu, dua tim akan promosi ke ISL musim depan dari Divisi Utama.

Lantas, jelang bergulirnya kompetisi ISL musim ini, siapakah timnya yang menjadi favorit meraih gelar juara? Berikut lima tim yang berpeluang menjadi juara seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Minggu (26/1/2014) versi Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Arema Indonesia

Di sela-sela persiapan musim kompetisi baru ISL tahun 2014, Arema Indonesia diganggu beberapa masalah karena adanya eksodus pemain. Arema harus rela ditinggalkan sang pelatih, Rahmad Darmawan ke Persebaya Surabaya.

Setelah kehilangan sang pelatih, Singo Edan kembali ditinggalkan sang kapten, Greg Nwokolo yang juga menyebrang ke Persebaya mengikuti jejak RD. Setelah itu, banyak pihak menilai Arema akan sedikit `limbung` karena kehilangan pelatih dan kapten mereka.

Tapi, Arema membuktikan diri sebagai kandidat serius peraih gelar juara ISL tahun 2014. Klub kebanggaan kota Malang itu langsung mendatangkan Ahmad Bustomi, Arif Suyono, Samsul Arief hingga Gustavo Lopez. Selain itu, Suharno diangkat menjadi pelatih Arema.

Hasilnya, Arema mencatatkan hasil yang impresif. Arema mampu mengalahkan tim asal Amerika Serikat, DC United dengan skor 2-1. Selepas itu, Victor Igbonefo cs berhasil menahan imbang mantan juara Bundesliga, Hamburg SV dengan skor 2-2.

Selain itu, Arema berhasil menjadi juara di dua turnamen pemanasan yaitu Piala Gubernur Jawa Timur dan Trofeo Persija. Tak hanya itu, dalam turnamen Inter Island Cup 2014, Arema berhasil ke final dan akan berhadapan dengan Persib setelah tak satupun menelan kekalahan.

Dengan hasil impresif di tiga turnamen pra musim, Arema layak menjadi kandidat juara ISL tahun 2014 jika melihat skuat yang ada saat ini.

3 dari 6 halaman


2. Persipura Jayapura


Sebagai juara bertahan, Persipura tentunya menjadi favorit meraih gelar juara ISL musim 2014. Ditinggalkan Zah Rahan dan Ricardo Salempessy tak membuat Persipura goyah.

Di awal musim ini, manajemen Mutiara Hitam mendatangkan beberapa pemain seperti Andri Ibo asal Persidafon Dafonsoro, Dominggus Fakdawer Persita Tangerang, pemain asing asal Liberia yang musim lalu bermain untuk Sriwijaya FC, Eddie Foday Boakay, dan memulangkan anak asli Papua yakni Titus Bonai.

Selain itu, Persipura juga tetap mengandalkan sang kapten, Boaz Salossa di lini depan. Pemain timnas Indonesia itu merupakan pemegang gelar top skor ISL musim lalu dengan torehan 25 gol. Ditambah dengan adanya Tibo, duet lini depan Persipura diyakini akan semakin teringginas.
4 dari 6 halaman


3. Persib Bandung


Di awal musim, Persib Bandung menjadi kandida kuat juara ISL tahun 2014 setelah memiliki dua penyerang hebat. Mereka adalah Sergio van Dijk dan Coulibally Djibril, kedua pemain itu sukses mencetak 21 gol di kompetisi ISL musim lalu.

Namun, dalam perjalanannya Persib harus ditinggalkan Sergio yang hijrah ke Iran dan manajemen juga memutus kontrak Coulibaly Djibril karena alasan cedera.

Praktis skuat Persib makin ramping dan sektor lini depan hanya ada Ferdinand Sinaga dan Tantan. Maung Bandung sebenarnya sudah mengontrak Fortune Udo namun sang pemain juga diputus kontraknya karena tak sesuai harapan.

Walaupun memiliki barisan pemain tengah yang cukup kuat dengan adanya Makan Konate, Taufiq dan Firman Utina tapi tak adanya bomber wahid di depan menjadi titik lemah Persib musim depan jika tak menemukan penggantinya.

Di sektor belakang, Pangeran Biru memang diyakini cukup tanggung karena adanya pemain asing sekelas Vladimir Vujovic. Walau sedikit `galau` karena tak kunjung mendapat penyerang tajam tapi klub kebanggaan Bobotoh itu menjadi salah satu kandidat juara ISL 2014.
5 dari 6 halaman


4. Persebaya Surabaya


Walau datang ke pentas ISL musim 2014 sebagai tim promosi. Tapi jangan pernah meremehkan Persebaya Surabaya. Pasalnya, Bajul Ijo siap mengguncang panggung ISL musim depan dengan gelontoran dana fantatis.

Dalam bursa transfer pemain, Persebaya berhasil mendapatkan sederet pemain bintang. Sebut saja duet penyerang tajam seperti Greg Nwokolo dan Pacho Kenmogne di lini depan.

Di tengah, Persebaya juga memiliki nama mentereng seperti Dedi Kusnandar, Patrice Nzekou, Abdul Rahman, hingga M. Zainal Haq. Di belakang ada nama Hasyim Kipuw, Leo Saputra, Alfin Tuasalamony, Ambrizal, Manahati Lestusen hingga Ricardo Salampesi.

Nama-nama diatas juga akan diramu oleh pelatih berpengalaman dan sudah memiliki nama besar seperti Rahmad Darmawan. Jadi dengan skuat bertabur bintang Persebaya layak menjadi ancaman dan kandidat meraih gelar juara musim depan.

6 dari 6 halaman


5. Sriwijaya FC

Sriwijaya FC memang sedang dilanda krisis karena kasus penunggakan gaji dari pemainnya musim lalu. Alhasil, klub yang berjuluk Laskar Wong Kito mendapatkan tuntutan atas pelunasan gaji para pemainnya.

Para pemain bintang Sriwijaya satu persatu hengkang dari klub kebanggaan kota Palembang itu. Tapi sekarang, anak asuh Subangkit itu mulai bangkit dan menebar ancaman kepada tim-tim kuat semisal Persib, Arema Indonesia, Persebaya Surabaya ataupun Persipura Jayapura.

Belum lagi untuk musim depan, Sriwijaya diperkuat beberapa pemain yang sudah malang melintang di kompetisi sepakbola Indonesia mulai dari Maman Abdurrahman, Erol Iba, Vendry Mofu, Lancine Kone, Serge Pacome dan Syamsir Alam. (Jef)

Baca Juga:

Gizi Pemain Timnas Sudah Salah Sejak Lahir
Inilah Janji MU kepada Rooney Agar Tak Hengkang
Bintang Inter Jadi Pembelian Kedua MU, Januari ini?
Setelah Mata, MU Bidik Bintang Muenchen
Jadwal Lengkap Persib Bandung di ISL Musim 2014
Jadwal Lengkap Persebaya Surabaya di ISL Musim 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini