Sukses

Divisi Utama Mulai Bergulir April

Ada 64 klub Divisi utama yang mengikuti pra manager meeting yang berlangsung di Surabaya.

Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2014 akan mulai bergulir pada 15 April 2014. Kepastian ini didapat setelah perwakilan 64 klub calon peserta Divisi Utama mengikuti Pra Manager Meeting dengan PT Liga Indonesia di Hotel Somerset, Surabaya, Senin (27/1/2014).

LIGA sendiri mengundang 66 klub untuk hadir dalam meeting ini, namun dua klub, PSSB Bireun dan Perssin Sinjai urung hadir dengan alasan yang belum jelas.CEO LIGA Indonesia, Joko Driyono mengatakan ini adalah pertemuan pertama LIGA dengan calon peserta Divisi Utama.

"Bulan Februari nanti kita akan melakukan fase verifikasi terhadap semua klub. Dilanjut tanggal 10 Maret, kita tentukan jumlah pasti klub Divisi Utama beserta grupingnya. Lalu, tanggal 17 Maret kita kasih draft jadwal kompetisi, nanti LIGA memberikan waktu 1 minggu untuk finalisasi jadwal dan 15 April Divisi Utama akan kick off," kata Joko Driyono, usai melakukan pertemuan.

Pria yang juga Sekjen PSSI ini berharap klub-klub memanfaatkan waktu hingga akhir Februari ini, khususnya terkait verifikasi tim. "Kita fokus 2 hal yakni infrastruktur dan keuangan. Stadion harus berkualitas baik, khususnya rumput lapangannya, sekalipun lampu bukan kewajiban. Masalah infrastruktur terkait dengan fasilitas perangkat pertandingan dan keamanan. Keuangan adalah kewajiban klub-klub pada pemain, jangan ada yang masih menunggak gaji," harap Joko.

Joko menambahkan bahwa klub-klub juga memberikan masukan dalam meeting tadi."Masukan dari klub yakni opsi grup nantinya antara 6 hingga 8 grup saja. Kita tunggu hingga 10 Maret nanti serta kita lihat dulu kesiapan klub. Untuk sistem promosi ke ISL, hanya untuk 2 tim, dengan begitu tidak ada babak Play Off ke ISL, terus yang terdegradasi 16 klub. Jika ada 8 grup, maka dua tim terbawah dari 8 grup akan otomatis degradasi. Sedangkan tim yang promosi ke Divisi Utama minimal 2 tim, tapi itu masih kita godok juga karena kita belum menentukan yang promosi dari Piala Nusantara, " papar Joko.

Sedangkan Manajer Meeting Divisi Utama dijadwalkan pada 1 April nanti. Ini sudah memenuhi road map PSSI menuju tahun 2017, di mana Divisi Utama akan memenuhi jumlah ideal 32 peserta. Nantinya, hal ini juga akan dituangkan dalam bentuk regulasi.  "Tapi tidak hari ini. Kita belum bisa karena butuh kepastian tempat terkait dengan persiapan, kontrak dan sebagainya," ulas pria asal Ngawi ini. (Def)

Baca Juga:
Inilah Nomor Punggung Pilihan Juan MataXavi Tegaskan Ingin Pensiun di Barcelona
Ancelotti Beri Tugas Baru Untuk Di Maria
Tuntutan Hukum untuk Rosell Akan Dicabut
Mahalnya Biaya Sean Gelael Ikut Balapan di Eropa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini