Sukses

Data dan Fakta: MU Terakhir Kali Kalah dari Stoke 29 Tahun Lalu

Stoke terakhir kali mengalahkan MU di laga boxing day pada 1984.

Manchester United kembali menuai hasil buruk di pekan 24. Sang juara bertahan harus mengakui keunggulan tuan rumah Stoke City di Brittania Stadium, Sabtu 1 Februari 2014.

Kekalahan 1-2 dari tangan The Potters membuat MU harus puas menempati peringkat 7 klasemen Premier League. Ini menjadi kekalahan ke-8 tim langganan juara itu sepanjang musim ini. Tim besutan David Moyes itu hanya mampu mengemas 40 poin dari 24 partai yang telah dimainkan.

Sebaliknya, tambahan tiga poin atas MU membawa Stoke naik ke peringkat 11 klasemen Premier League. Kemenangan ini terasa istimewa bagi Stoke karena untuk pertama kali sejak 1984 di ajang Premier League, mereka mampu mengalahkan MU.

Berikut deretan data dan fakta menarik lain pertandingan Stoke lawan MU dikutip dari Eurosport dan Opta:

1. MU belum mampu mengubah hasil akhir pertandingan dalam 10 menit terakhir sepanjang musim ini.

2. Robin van Persie telah mencetak 10 gol dalam sembilan pertandingan Premier League. Dan untuk pertama kali dalam sejarah Premier League, Van Persie selalu mencetak gol ke gawang lawan dalam 8 pertemuan beruntun. Tim itu adalah Stoke City.

3. Mark Hughes  mantan pemain MU yang mampu mengalahkan bekas timnya saat menjadi manajer dengan dua tim berbeda. Ini pertama kali sejak 2006, MU tumbang oleh tim yang dilatih mantan pemainnya. Delapan tahun silam, raksasa Inggris itu harus menuai kekalahan dari Blackburn Rovers yang saat itu juga ditangani Hughes.

4. Sepanjang musim ini, MU telah menuai 8 kekalahan di ajang Premier League. Tim yang kini dilatih David Moyes itu mengalami kekalahan terbanyak di Premier League musim 2003-09 (9 kali kalah).

5. MU terakhir kali menuai 8 kekalahan dari 24 partai Premier League. Itu terjadi musim 1989-90. Saat itu, Sir Alex Ferguson yang baru tiga musim menangani MU kalah 11 kali dalam satu musim.

6. Sukses mengalahkan MU membuat Stoke mampu memutus rantai kekalahan yang bertahan selama 29 tahun. Stoke terakhir kali mengalahkan MU di laga boxing day pada 1984. (Rej)

Baca Juga:
[Full Time] Gol Alcacer Hancurkan Barcelona di Camp Nou
[Full Time] Paulinho Selamatkan Spurs dari Kekalahan
[Full Time] MU Takluk di Tangan Stoke
Monaco Tertahan di Markas Lorient
Gol Spektakuler Mirallas Menangkan Everton

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini