Sukses

Komite Wasit Periksa Tayangan Ulang Laga Persebaya vs Mitra Kukar

Wasit Dodi Setia menjadi sorotan selepas memimpin pertandingan antara Persebaya vs Mitra.

Kepemimpinan wasit ISL kembali menjadi sorotan. Kemenangan 2-1 Persebaya Surabaya atas Mitra Kukar berbau kontroversi karena keputusan wasit Dodi Setia Purnama dianggap berat sebelah.

Komite Wasit PSSI akan meninjau kinerja Dodi dan tayangan ulang pertandingan Persebaya vs Mitra Kukar.

Dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu 1 Februari 2014 kemarin Naga Mekes merasa dirugikan dengan keputusan wasit Dodi.

Pelatih Mitra, Stefan Hansson menilai, Mitra Kukar seharusnya mendapat penalti setelah pemain bertahan 'Bajul Ijo', Ambrizal melakukan handsball di kotak terlarang di menit akhir pertandingan. Namun sang pengadil justru tidak memberikan penalti dan tetap melanjutkan permainan.

Usai pertandingan, Arsitek Mitra Kukar, Stefan Hansson sempat terlibat adu mulut dengan pelatih Persebaya, Rahmad Darmawan karena keputusan wasit yang dianggap menguntungkan tuan rumah.

Menanggapi keluhan dari Mitra Kukar yang memprotes wasit, Anggota Komite Wasit PSSI, Jimmy Napitupulu mengatakan, pihaknya  akan meninjau ulang kinerja Dodi dalam pertandingan itu.

Jimmy mengaku, selepas pertandingan dia langsung berkomunikasi dengan Dodi. Kesimpulan sementara, wasit tidak berada dalam posisi menguntungkan saat melihat handsball Ambrizal.

"Saya menerima laporan, wasit Dodi sedang dalam posisi yang kurang menguntungkan saat melihat kejadian tersebut. Menurut wasit saat itu laju bola sangat cepat dan ia melihat bola mengenai dada, bukan tangan. Kami  akan melihat tayangan ulangnya," ujar Jimmy saat dihubungi Liputan6.

Sebagai mantan wasit, Jimmy menilai, seharusnya wasit memahami posisi yang tepat untuk melihat suatu kejadian sebelum mengambil keputusan

"Seorang wasit harusnya sebisa mungkin menempatkan diri pada situasi dan posisi yang menguntungkan untuk melihat dan menilai segala kejadian dalam pertandingan sebelum mengambil keputusan," sambung Jimmy (Rej)

Baca Juga:

[Full Time] Gol Alcacer Hancurkan Barcelona di Camp Nou
[Full Time] Paulinho Selamatkan Spurs dari Kekalahan
[Full Time] MU Takluk di Tangan Stoke
Monaco Tertahan di Markas Lorient
Gol Spektakuler Mirallas Menangkan Everton

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.