Sukses

Deretan Lima Pesepakbola Berotak Encer

Layaknya manusia biasa, pemain sepakbola memiliki sisi lain. Di antara mereka diberi kelebihan berotak encer.

Layakny manusia biasa, pemain sepakbola memiliki sisi lain. Di antara pemain tersebut ternyata memiliki otak encer yang membuat mereka memiliki kelebihan selain mengolah bola.

Nilai tambah tersebut membuat para pemain itu memiliki profesi sampingan di luar lapangan hijau. Mulai menjadi dokter hingga bekerja sebagai peneliti luar angkasa bahkan ada yang memutuskan kuliah untuk mendalami ilmu tertentu.

Berikut 5 pemain pintar dalam sepakbola dirangkum dari berbagai sumber:
1. Socrates

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman



Mendiang Socrates dikenang tidak hanya sebagai pemain papan atas di Brasil, tetapi juga seorang dokter. Dia memegang gelar dokter dari Universitas Faculdade de Medicine de Ribeiro Preto. Setelah pensiun dari sepakbola, dia mengambil spesial dokter di Ribeirao Preto.

Selama berkiprah di sepakbola, Socrates mengantarkan Brasil menempati peringkat dua Copa America 1983. Bersama pemain legendaris Tim Samba, Socrates masuk dalam daftar 100 pemain terbaik FIFA. Socrates juga merebut gelar South America Footballer of The Year 1983.

3 dari 6 halaman

2. Shaka Hislop

Tidak ada yang pernah menyangka, kiper Newcastle United itu sempat bekerja di NASA dengan beberapa ilmuwan papan atas dunia di Space Station Freedom. Bahkan, dia sempat menjadi kandidat astronot. Hislop sempat menempuh pendidikan di Washington dan memiliki gelar insinyur mesin.

Kepandaian Hislop berbanding lurus dengan kiprahnya sebagai penjaga gawang. Pemain asal Inggris itu mencapai masa keemasan di pertengan 1990-an dengan mengantarkan The Magpies merebut  gelar Premie League dua musim beruntun 1995-96 dan 1996-97.

4 dari 6 halaman

3. Barry Horne

Pemain asal Inggris, Barry Horne menjadi aktor penting di balik sukses Everton meraih gelar Piala FA tahun 1996. Gol cantik ke gawang Wimbledon musim 1993-94 mengantarkan Everton keluar dari zona degradasi.

Selain piawai membobol gawang lawan, Horne juga jago menghitung. Horne mengantongi gelar sarjana di bidang Kimia dari University of Liverpool. Setelah gantung sepatu, Horne bekerja sebagai guru Kimia di The King's School, Chester dan sempat menjadi manajer klub sepakbola, Wrexham. Horne tutup usia pada usia  49 tahun karena serangan jantung.

5 dari 6 halaman

4. Iain Dowie

Selain menjadi pesepakbola, Iain Dowie memiliki minat yang besar terhadap dunia kedirgantaraan. Dia sempat bekerja di sebuah perusahaan penerbangan di Inggris, British Aerospace. Dia mengenyam bangku Strata-2 dari Southampton University.  Dowie kini bertugas sebagai konsultan tim Premier League, Hull City. Selama masih aktif bermain, Dowie pernah memperkuat West Ham United periode 1995 hingga 1998.

6 dari 6 halaman

5. Glenn Johnson

Bek sayap Liverpool itu hobi mengutak-atik angka. Mantan pemain Portsmouth itu sempat mengenyam bangku kuliah jurusan matematika. "Ketika sekolah, saya pintar matematika dan saya tidak memikirkan hal lain seperti sepakbola," kata Johnson beberapa waktu lalu.

Pemain yang sempat merumput untuk Chelsea itu didesak untuk menyelesaikan kuliah oleh keluarga. Pemain 29 tahun itu yakin bisa meraih gelar akademik dan mendapat sukses di lapangan hijau. "Saya optimis keduanya bisa berjalan berdampingan bila memiliki niat kuat." (Rej)

Baca Juga:

Ronaldo Ulang Tahun, Sang Kekasih Berfoto `Syur`
Duh.. Pacar Gelandang Chelsea Tertangkap Hisap Ganja
Tiket Palsu Beredar, Panpel Himbau Bobotoh Waspada
Tur Jawa, Persib Boyong Coulibaly dan Hariono
Nih! Bocoran Jersey Terbaru MU Musim Depan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.