Sukses

Alasan Tim Pelatih Panggil Pemain Senior Ikuti TC

Usia bukan halangan bagi tim pelatih memanggil pemain senior. Tolak ukurnya, kontribusi terhadap pemain dan menit bermain di Tim

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro mengungkapkan alasan memanggil 23 nama pemain untuk mengikuti pemusatan latihan jelang menghadapi Arab Saudi di laga terakhir babak penyisihan grup C, 5 Maret 2014.

Mengacu daftar pemain yang diumumkan untuk mengikuti pemusatan latihan 25 Februari hingga 2 Maret 2014 di Tangerang, skuat Indonesia didominasi muka-muka lama.

Terdapat 8 pemain alumni Piala AFF 2010, salah satunya Cristian 'El Loco' Gonzales yang kembali dipanggil. Bomber naturalisasi asal Uruguay itu terakhir kali memperkuat Timnas pada 15 November 2011 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Iran. Meski telah berusia 36 tahun, Gonzales kini menempati urutuan teratas dalam daftar top-scorer ISL mengemas 4 gol.

Menurut Widodo, usia bukan halangan bagi tim pelatih memanggil pemain senior. Tolak ukurnya, kontribusi terhadap pemain dan menit bermain di klub masing-masing.

"Dari hasil pemantauan dan evaluasi, pemain tersebut berada dalam performa terbaik di klub. Pelatih (Alfred Riedl) mengatakan, usia tidak menjadi masalah. Tidak bisa, kami memaksakan pemain muda  jika tidak memiliki jam terbang dan pengaruh di tim," ujar Widodo. 

"Bila pemain berumur mampu memberikan kontribusi terhadap tim kenapa tidak dipanggil? Riedl memanggil pemain sesuai dengan pola permainan yang diinginkannya," sambung mantan pelatih Persegres Gresik United itu saat dihubungi Liputan6.com.

Mantan pemain timnas itu juga menjelaskan, keputusan memanggil pemain tidak hanya bertumpu pada 2 aspek, kontribusi dan menit bermain, "Tetapi juga berdasarkan statistik, perkembangan pemain, serta konsistensi," sambungnya.

Berangkat dari kriteria yang telah ditetapkan, tim pelatih memutuskan tidak memanggil dua pemain yang merumput di luar negeri seperti Andik Vermansyah (Selangor FA) dan Sergio Van Dijk (Sepahan). "Kedua pemain itu masih sulit mendapatkan tempat di tim utama. Jika tidak masuk tim inti, sulit memantau permainan mereka," jelas Widodo. (Rej)

Baca juga:
Riedl Panggil Jebolan Piala AFF 2010 untuk TC Timnas
Greg: El Loco Masih Pantas Perkuat TimnasPersib Tak Remehkan PersikIni Saran Moratti untuk Erick Thohir
Lini Serang Timnas U-19 Dinilai Kurang Memuaskan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini