Sukses

Jelang Persib Vs Persija, Kapolda Jabar Panggil Pentolan Bobotoh

Kepala Polda Jawa Barat Irjen Pol Mochamad Iriawan berencana memanggil para pentolan kelompok Bobotoh Persib dalam waktu dekat.

Bandung akan menggelar laga panas Indonesia Super League. Tuan rumah Persib Bandung akan kedatangan tamu sekaligus musuh bebuyutan, Persija Jakarta. Pertemuan kedua tim selalu diwarnai bentrok antar dua pendukung, Bobotoh dan The Jakmania.

Untuk mengantisipasi kericuhan, Kepala Polda Jawa Barat Irjen Pol Mochamad Iriawan berencana memanggil para pentolan kelompok Bobotoh Persib jelang pertandingan. Bagaimanapun, Iriawan menegaskan, keamanan tanggung jawab Kepolisian.

Iriawan menjelaskan beberapa hari lalu telah menemui Manajer Persib, Umuh Muhtar di Bandung. Saat itu, kata dia, Umuh meminta agar Polda mengizinkan laga Persib lawan Persija Sabtu (22/2/2014) yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat. Umuh sendiri berani menjamin partai tensi tinggi ini berlangsung kondusif.

"Cuma saat itu, saya belum punya keyakinan untuk mengizinkan karena saya ingin bertemu dulu dengan bobotoh Persib atau dengan koordinator lapangan masing-masin klub," kata Iriawan di markasnya, Selasa (18/2/2014).

"Kalau langsung saya izinkan ternyata nanti terjadi apa-apa, kami ikut menanggung risikonya. Karena itu, saya ingin ketemu korlap bobotoh dulu meminta komitmen mereka pertandingan berjalan kondusif. Kalau saya yakin aman akan saya izinkan. Begitu pula sebaliknya," jelasnya.

Iriawan mengapresiasi keputusan PT Liga Indonesia yang hanya mengizinkan bobotoh dan melarang suporter Persija Jakarta menonton langsung pertandingan di Stadion. Jika cuma satu kubu suporter yang hadir di Stadion membuat Kepolisian lebih mudah melakukan pengamanan.

"Tapi untuk memastikan, kami akan lakukan pertemuan lebih dulu dengan para koorlap bobotoh.  Lusa atau besok. Kami koordinasi dulu," kata jenderal bintang dua itu.

Kehadiran para suporter Persija mendukung langsung laga klub idola mereka di Bandung kerap berbuntut kerusuhan. Kasus terakhir adalah saat-saat sekitar laga Macan Kemayoran versus Pelita Bandung Raya di Jalak Harupat kemarin.

Meski bukan pertandingan Persib, kehadiran kelompok suporter Persija di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (17/2/2014) lalu memancing protes ribuan bobotoh yang menunggu mereka di luar lapangan. Imbasnya, perusakan  sejumlah mobil dan penganiayaan beberapa orang terjadi di jalanan sekitar Stadion.

Polisi terpaksa mengamankan sekitar seratus kelompok pendukung Persija di dalam Stadion. Mereka baru diperbolehkan meninggalkan Stadion sekitar tengah malam dengan kawalan Polisi hingga rest area di tol Cipularang. (Ary/Rej)

Baca Juga:
Laga Persib vs Persija, PT Liga Larang The Jak ke Bandung
Dilarang ke Bandung, The Jak: Kami Punya Hak Hadir di Stadion
Djibril Coulibaly Siap Diturunkan Saat Persib Hadapi Persija
Bintang Persib Berharap Dukungan Bobotoh
Timnas U-19 Bakal Benahi Konsistensi Permainan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini