Sukses

Barcelona Didakwa Gelapkan Pajak Transfer Neymar

Penyelidikan atas adanya dugaan Barcelona telah melakukan penggelapan pajak atas transfer Neymar memasuki babak baru.

Barcelona didakwa oleh pengadilan tinggi Spanyol atas penggelapan pajak dalam perekrutan Neymar dari Santos tahun lalu. Klub Catalan tersebut, dihantam dengan kabar penyelidikan terbaru bahwa jaksa mengklaim Barca gagal membayar dana sebesar 9.1 juta Euro yang terhutang pada beban pajak sebesar 37.9 juta Euro.

Meski pihak klub dalam rilis di laman resmi mereka, telah menyatakan tidak bersalah, hakim Pablo Ruz mengungkapkan bahwa Blaugrana akan dituntut di pengadilan. Tuntutan meliputi dugaan penyimpangan keuangan antara tahun 2011 dan 2013, yang berkaitan dengan transfer kontroversial pemain asal Brasil tersebut.

Dalam dokumen yang diserahkan tengah pekan ini, jaksa mengklaim Barca gagal membayar dana sebesar 9.1 juta Euro yang terhutang pada beban pajak sebesar 37.9 juta Euro kepada orang tua pemain. Dan, hakim mempertimbangkan bahwa Neymar, sebagai penduduk non-Spanyol, diwajibkan untuk membayar pajak dengan jumlah tersebut baik di Brasil atau Spanyol.

"Kami mengungkapkan kesiapan kami untuk membantu otoritas keadilan dalam masalah ini, seperti yang sudah kami lakukan sejak pertama kali masalah ini muncul dan di bidang mana pun yang mungkin kehadiran kami dibutuhkan," demikian pernyataan Barcelona, seperti dikutip Goal.com, Kamis (20/2/2014).

Keluhan dari socio Barca, Jordi Cases, atas kurang transparansi dalam kesepakatan kontroversial yang berujung penyelidikan awal terhadap presiden klub Sandro Rosell, membuat sosok berusia 49 tahun itu mundur dari jabatannya bulan lalu.

Satu pekan kemudian, presiden baru Josep Maria Bartomeu, memberikan dokumen-dokumen di konferensi pers yang merinci biaya-biaya transfer Neymar.

Dari sana terungkap bahwa Barcelona sebenarnya membayar  total sebesar 86.2 juta Euro dalam prosesnya, meski klub Catalan itu menegaskan bahwa transfer itu sendiri hanya sebesar 57,1 juta Euro. Bartomeu telah menegaskan bahwa dirinya akan melawan semua tuntutan di kasus kontroversial ini.

Baca Juga:

Klaim, MU Dapatkan `The Next CR7` Musim Depan
PB PRSI Dukung Penuh INA Master Bertanding di Hongkong
Nasib Bomber Arab Saudi Selepas Laga El Classico
Soal Kepindahan Vidic, Inilah Janji Erick Thohir
Mantan Pacar Neymar Pajang Foto Mesra Bareng Pria Lain
Kalah Dari Muenchen, Bintang Arsenal Pesta Tari Striptis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona