Sukses

Timnas U-23 Akan Tantang Malaysia di Yogyakarta

Pertandingan ujicoba internasional perdana bagi anak asuh Aji Santoso ini dilaksanakan bersamaan dengan peresmian Monumen PSSI di Yogyakarta

Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2014 akan menantang Timnas Malaysia U-23 dalam pertandingan persahabatan di Yogyakarta, 5 Maret mendatang.

Pertandingan ujicoba internasional perdana bagi anak asuh Aji Santoso ini dilaksanakan bersamaan dengan peresmian Monumen PSSI di Yogyakarta yang diprakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Teknis peresmian Monumen PSSI sepenuhnya menjadi urusan Kemenpora. PSSI akan berkoordinasi dengan pihak Kemenpora. Sedangkan BTN fokus untuk laga friendly match-nya," kata Sekjen PSSI Joko Driyono. Mengenai stadion serta jam pertandingan, kata dia, hingga saat ini masih difinalisasi oleh tim PSSI.

Di Yogyakarta, ada dua stadion yang layak untuk menggelar pertandingan internasional. Selama ini stadion yang ada menjadi markas dua klub yang berbeda yaitu PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo sedangkan Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung.

Pertandingan uji coba internasional Timnas Garuda Muda ini bersamaan dengan pertandingan kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C antara Timnas Indonesia senior melawan Arab Saudi di Dammam, Arab Saudi. Meski demikian kick off pertandingan tidak bersamaan.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia U-23 Aji Santoso telah memanggil 28 pemain untuk menjalani seleksi tahap pertama di Lapangan UNY Yogyakarta, 24 Februari hingga 7 Maret. Salah satu alasan dipilihnya Kota Gudeg sebagai lokasi pelatnas karena memiliki infrastruktur yang bagus.

Dalam pemanggilan tahap pertama ini terdapat beberapa muka baru seperti Fandi Ahmad (Perseba Super Bangkalan), David Aprelianto (PSMP Mojokerto Putra) dan Hafid Ibrahim (Sriwijaya FC Palembang). Selain itu ada beberapa nama yang tidak asing lagi seperti Rizky Pellu (PBR), Fandi Eko Utomo (Persebaya) dan Syahrizal (Persija).

Untuk uji coba, mantan pemain dan pelatih Persebaya Surabaya itu telah menjadwalkan ada sembilan kali pertandingan. Hanya saja, untuk menentukan calon lawan harus berkoordinasi dengan Badan Tim Nasional (BTN).

"Kami tidak mempermasalahkan siapa calon lawan dalam uji coba nanti. Yang jelas, minimal dibutuhkan sekali uji coba di pemusatan latihan tahap pertama ini," kata Aji Santoso.

Pada pemusatan tahap pertama ini, Aji Santoso ingin mengetahui kondisi serta kemampuan semua pemain yang dipanggil. Selain itu pelatih asal Malang ini ingin VO2 Max (volume maksimal oksigen) setiap pemain minimal 55. (Ant/Jnp)


Baca Juga:
Minta Maaf, WAGs ini Batal Perang Ukuran Payudara
[VIDEO] Adu Juggling Van Persie Vs Maradona
Balotelli Menepi 10 Hari
Bintang MU Ini Incar Profesi Koki
Syarat Ancelotti Jika Casillas Ingin Jadi Kiper Utama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini