Sukses

Data & Fakta: Kekalahan Barcelona Nodai Rekor Messi

Di partai tandang, Barcelona sulit melakukan comeback. Saat tertinggal dua gol setelah di menit 75, Barcelona sukar mengejar ketinggalan.

Barcelona harus menelan kekalahan ketiga musim ini  saat menghadapi Real Sociedad, Sabtu 22 Februari 2014. Raksasa Catalan itu tumbang dengan skor telak 1-3 dalam pertandingan di Estadio Municipal de Anoeta.

Kekalahan itu membuat Barcelona harus menyerahkan tampuk klasemen La Liga kepada Real Madrid. El Barca mengemas 60 poin terpaut 3 poin dari Real Madrid yang kini berstatus pemuncak klasemen.

Barcelona terakhir kalah dari Sociedad musim 2006-07 saat bertandang ke Donostia-San Sebastian, markas Sociedad. Kendati menelan kekalahan, bintang Barcelona, Lionel Messi berhasil memecahkan rekor pemain dengan gol terbanyak sepanjang masa bersama satu tim.

Messi memecahkan rekor milik legenda Athletic Bilbao Athletic Bilbao, Temo Zarra dengan 335 gol. Selama memperkuat Barcelona, Messi telah menyumbangakan 336 gol. Berikut deretan data dan fakta setelah Barcelona dikalahkan Sociedad.

Data dan fakta setelah Barcelona dikalahkan Sociedad sebagaimana dikutip dari Opta dan Infostrada Live:

1. Selain mematahkan rekor gol milik Zarra, tambahan satu gol saat melawan Sociedad membuat Messi kini telah mengoleksi 229 gol di kompetisi La Liga. Catatan itu membawa Messi menggeser Raul dari posisi tiga daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa La Liga dengan 228 gol. Top Scorer La Liga sepanjang masa saat ini masih dipegang Temo Zarra dengan 252 gol.

2. Kekalahan Barcelona dari Sociedad membuat Messi harus menunggu untuk masuk ke dalam jajaran pemain Barcelona yang telah merebut,setidaknya, 200 kemenangan di ajang La Liga. Hingga saat ini baru kiper Victor Valdes, Andres Iniesta, dan Carles Puyol yang mencapai catatan tersebut.

3. Barcelona terakhir kali menelan kekalahan dari Sociedad musim 2010-11 di ajang La Liga. Saat itu, Barcelona tumbang dengan skor 1-2 saat bertanding di Estadio Municipal de Anoeta.

4. Bagi Alexander Song, ini menjadi kekalahan pertama kalinya sejak menjadi pemain Barcelona. Dia memetik semua kemenangan Barcelona dalam 30 pertandingan. Catatan itu semakin ternoda setelah mantan pemain Arsenal itu mencetak gol bunuh diri.

5. Di partai tandang, Barcelona sulit melakukan comeback. Saat tertinggal dua gol setelah di menit 75, Barcelona sukar mengejar ketinggalan dan gagal menang.

6. Sociedad tim pertama yang memenangkan dua pertandingan kandang beruntun melawan Barcelona. Atletico Madrid terkahir melakukannya musim  2008-09. Sociedad sempat mengalahkan Barcelona 3-2 musim lalu pada (20/1/2013).

(Rej)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Real Sociedad de Futbol atau lebih dikenal dengan nama Real Sociedad adalah sebuah klub asal Spanyol
    Real Sociedad de Futbol atau lebih dikenal dengan nama Real Sociedad adalah sebuah klub asal Spanyol

    Real Sociedad

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

Video Terkini