Sukses

Lawan Arab Saudi, Timnas Indonesia Siapkan 2 Skema

Skema yang dipersiapkan akan berkembang seiring dengan kebutuhan saat di lapangan.

Jajaran Pelatih Timnas Indonesia menyiapkan dua skema untuk menghadapi pertandingan terakhir kualifikasi Grup C Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi di Fahad Stadium Damman, Arab Saudi, 5 Maret.

"Jika ingin main lebih agresif, pola 4-4-2 menjadi pilihan. Namun, jika ingin sedikit bertahan dan semi menyerang maka akan menggunakan 4-2-3-1," kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro.

Menurut dia, skema yang dipersiapkan akan berkembang seiring dengan kebutuhan saat di lapangan. Demi memaksimalkan hasil, jajaran pelatih telah menyiapkan pemain yang dinilai cocok untuk menghadapi Arab Saudi.

Untuk menghadapi Arab Saudi, Pelatih Alfred Riedl telah memanggil 23 pemain dan satu di antaranya adalah pemain veteran, Cristian Gonzales. Pemain Arema Indonesia itu dipastikan akan menjadi ujung tombak Timnas Garuda.

"Gonzales berpeluang menjadi pilihan utama jika taktik yang dipakai semi menyerang," tambah Widodo.

Untuk skema 4-2-3-1, Gonzales kemungkinan akan ditopang dengan pemain yang berpengalaman yaitu M. Ridwan, Zulham Zamrun atau Greg Nwokolo. Bisa saja mengandalkan Firman Utina, Ferdinand Sinaga dan pemain muda Arema Indonesia, Irsyad Maulana.

"Dengan materi saat ini, kami bisa banyak pilihan untuk menyesuaikan formasi yang akan dipakai," kata mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Bertanding melawan Arab Saudi sebenarnya tidak berpengaruh terhadapi posisi Indonesia di Grup C. Hal ini terjadi karena Timnas Garuda baru mengumpulkan satu poin dari lima pertandingan. Dengan demikian Indonesia sudah dipastikan tidak lolos ke putaran final.

Sebelumnya menghadapi Arab Saudi, Kurnia Meiga dan kawan-kawan akan digembleng di Lapangan UPH Karawaci Tangerang, 25 Februari hingga 2 Maret.

Berikut 23 pemain yang dipanggil masuk pemusatan latihan: Andrytani Ardiyasa, I Made Wirawan, Kurnia Meiga, Diego Michiels, Novan Setya Sasongko, Ahmad Jufriyanto, Hamka Hamzah, Muhammad Roby, Victor Igbonefo, Alfin Tuasalamony, Zulkifli Syukur. Ferdinan Sinaga, Irsyad Maulana, Ahmad Bustomi, Firman Utina, Imanuel Wanggai, I Gede Sukadana, Manahati Lestusen, Raphael Maitimo, Muhammad Ridwan, Zulham Malik Zamrun, Cristian Gonzales dan Greg Nwokolo. (Ant/Jnp)

Baca Juga
Pacar CR7 Nyaris Telanjang di Majalah Sports Illustrated
Ini Penyebab Pelatih Barcelona Diusir Wasit
Pemain Termahal Arsenal Kini Hanya Jadi Penonton
[VIDEO] Drama Tujuh Gol di Laga Liverpool Kontra Swansea
Persebaya Janjikan Perlawanan Sengit untuk Timnas U-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini