Sukses

Atletico Permalukan Panathinaikos

Peluang Atletico Madrid melaju ke babak penyisihan grup Liga Champions terbuka lebar. Di leg pertama babak play-off yang digelar di Athena, Rabu (19/8), Los Colchoneros menundukkan Panathinaikos 3-2 (1-0).

Liputan6.com, Athena: Wakil Spanyol dari jalur non-juara, Atletico Madrid membuka lebar-lebar pintu masuk ke babak penyisihan grup Liga Champions. Di leg pertama babak play-off yang digelar di OACA Spiros Louis, Athena, Yunani, Rabu (19/8) malam waktu setempat atu Kamis (20/8) dinihari WIB, Los Colchoneros, julukan Atletico, berhasil menundukkan tuan rumah Panathinaikos dengan skor 3-2 (2-1).

Tiga gol kemenangan Atletico dihasilkan dari kaki tiga pemain yang berbeda: Maxi Rodriguez di menit ke-36, Diego Forlan menit ke-63 dan Sergio “Kun” Aguero di menit ke-70. Dua gol balasan Prasinoi, julukan Panathinaikos, dicetak Dimitrios Salpingidis di menit ke-47 dan Sebastian Leto di menit ke-74. Dengan hasil ini, guna lolos ke babak penyisihan grup, Atletico tinggal membutuhkan hasil seri atau maksimal kalah 0-1 di leg kedua (Selasa, 25 Agustus).

Bertandang ke Yunani, entrenador Atletico, Abel Resino menurunkan komposisi terbaiknya dengan mengandalkan ketajaman duet bomber Kun Aguero dan Forlan. Di lain pihak, Henk ten Cate menugaskan mantan gelandang Arsenal, Gilberto Silva menjadi jenderal lini pertahanan berduet dengan Loukas Vyntra. Di lini depan, Panathinaikos menggantungkan harapannya kepada mantan striker Liverpool, Djibril Cisse dan Salpingidis.

Dalam 15 menit pertama, tak banyak peluang yang diperoleh kedua tim. Atletico mendapat kans pertama di menit ke-19 ketika Simao Sabrosa gagal mencocor bola hasil umpan silang akurat yang disodorkan John Heitinga. Semenit kemudian tendangan keras kaki kiri Raul Garcia dari jarak 25 meter masih dapat ditangkap dengan baik oleh kiper Panathinaikos, Mario Galinovic.

Tuan rumah baru melakukan ancaman di menit ke-22 ketika sundulan Cisse meneruskan free-kick kapten tim Giorgos Karagounis terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap Asenjo. Semenit kemudian, Cisse kembali mendapat peluang. Mendapat umpan jauh dari lini belakang, Cisse mampu mengontrol bola dengan sempurna. Sayang, tendangan kaki kirinya masih dapat diblok Juanito. Asenjo pun dengan mudah menangkapnya.

Di menit kedua, gawang Asenjo jebol oleh sontekan Salpingidis. Namun, wasit Felix Brych (Jerman) menganulirnya karena sebelumnya Salpingidis telah berdiri dalam posisi off-side. Empat menit berselang, Maxi membungkam fans tuan rumah. Menerima passing mendatar yang disodorkan Forlan, sempat membentur kaki Simao Junior, dengan dingin Maxi mengelabui kiper Panathinaikos, Mario Galinovic. Skor 1-0 untuk Atletico bertahan sampai jeda tiba.

Di awal babak kedua, Ten Cate memainkan Sebastian Leto dan menarik keluar Marcelo Mattos. Tak sampai dua menit sesudah peluit berbunyi, publik yang memenuhi OACA Spiros Louis Stadium bersorak-sorai melihat keberhasilan Salpingidis menjebol gawang Atletico. Mendapat umpan jitu dari Karagounis, Salpingidis yang lolos dari jebakan off-side melontarkan tembakan lob yang mengelabui Asenjo. Skor menjadi 1-1.

Pertandingan kian berjalan dengan seru. Tensi permainan semakin meningkat. Di menit ke-51, Aguero membuang peluang emas ketika sepakannya meneruskan umpan silang akurat dari Forlan, melambung tinggi. Dua belas menit berlalu, Atletico kembali unggul 2-1. Tendangan mendatar kaki kiri Forlan di luar kotak penalti tak dapat diantisipasi dengan baik oleh Galinovic.

Gol tersebut memicu semangat anak-anak Ten Cate. Dua menit berselang, portiere Atletico, Asenjo dipaksa melakukan save dengan menepis tendangan keras Karagounis. Di saat terfokus melakukan serangan, Panathinaikos kembali mendapat pukulan di menit ke-70. Aguero membuktikan dirinya pantas jadi tukang gedor andalan Atletico dan Argentina. Memanfaatkan kesalahan Nikos Spyropoulos, Aguero berhasil mencuri bola. Akselerasinya ke kotak penalti tak dapat diblok Bryce Moon. Meski mendapat ruang tembak yang sangat sempit, tendangan mendatar Aguero mampu mengecoh Galinovic. Skor 3-1 untuk Atletico.

Tertinggal dua gol tak lantas membuat Panathinaikos menyerah. Di menit ke-74, mendapat umpan pendek dari Kostas Katsouranis, Leto melancarkan tendangan volley kaki kiri yang menghujam bagian atas gawang Atletico tanpa mampu ditepis Asenjo. Skor berubah menjadi 2-3, masih untuk keunggulan tim tamu. Usaha Leto dkk untuk mencetak gol penyeimbang kedudukan kandas sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain:
Panathinaikos:
Mario Galinovic, Bryce Moon (KK), Loukas Vyntra, Nikos Spyropoulos (KK), Gilberto Silva, Simao Mate Junior (Lazaros Christodoulopoulos), Kostas Katsouranis, Marcelo Mattos (Sebastian Leto), Giorgos Karagounis, Dimitrios Salpingidis, Djibril Cisse.
Atletico:
Sergio Asenjo, Tomas Ujfalusi, Juanito, John Heitinga, Antonio Lopez, Maxi Rodriguez (Florent Sinama-Pongolle), Raul Garcia (Cleber Santana), Paulo Assuncao, Simao, Kun Aguero (Jurado), Diego Forlan.
Wasit: Felix Brych (Jerman).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.