Sukses

Roma Buang Peluang

AS Roma gagal mempertahankan keunggulan dan harus puas bermain imbang 3-3 (1-1) dengan MFK Kosice di leg pertama babak play-off Europa League 2009-2010, Kamis (20/8).

Liputan6.com, Kosice: Tim raksasa Italia, AS Roma gagal mempertahankan keunggulan dua gol dan akhirnya harus puas bermain imbang 3-3 (1-1) dengan MFK Kosice di leg pertama babak play-off Europa Leage 2009-2010 yang berlangsung di Lokomotiva Stadium, Kosice, Slovakia, Kamis (20/8) sore waktu setempat. Meski demikian, hasil ini tetap memberikan advantage atau keuntungan bagi Giallorossi, julukan Roma. Sebab, Francesco Totti dkk hanya membutuhkan hasil seri maksimal 2-2 di leg kedua yang rencananya digelar di Olimpico, Kamis (27/8) guna melaju ke babak penyisihan grup.

Setelah sempat tertinggal 0-1 hasil gol Marco Milinkovic di menit kelima babak pertama, Roma baru berhasil menyamakan kedudukan lewat eksekusi Totti dari titik putih penalti di menit ke-38. Hadiah penalti diberikan wasit Peter Rasmussen (Denmark) setelah Jeremy Menez dilanggar bek Stanislav Kiss. Skor 1-1 bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, meskipun tampil tanpa sejumlah pemain intinya yang dibekap cedera seperti Juan, Doni, Julio Baptista, Simone Perrotta, Cicinho, dan Mirko Vucinic, Roma tampil intensif di paruh 45 menit kedua. Hasilnya di menit ke-52 Roma unggul 2-1 lewat gol yang dihasilkan Menez. Mendapat umpan matang dari Matteo Brighi, Menez berhasil melepaskan diri dari kawalan dua bek Kosice. Tendangannya ke penjuru gawang tak dapat dijangkau kiper Nikola Schreng.

Roma kian mendominasi pertandingan. Setelah beberapa peluang terbuang, akhirnya Totti berhasil memperbesar keunggulan Roma menjadi 3-1 lewat tendangan kerasnya di menit ke-67. Gol ini buah kerja sama antara Rodrigo Taddei, Daniele De Rossi dan Totti. Namun, empat menit kemudian, tuan rumah mendapat second wind setelah Philippe Mexes membuat pelanggaran di kotak terlarang. Eksekusi penalti Jan Novak mulus. Skor berubah menjadi 2-3.

Kosice kian bersemangat. Sepuluh menit kemudian, Novak kembali menjebol gawang Artur. Setelah melepaskan diri dari kawalan Marco Motta, tembakan Novak yang membentur Marco Andreolli tak mampu diantisipasi Artur. Skor 3-3 bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Sementara itu, dalam pertandingan lainnya yang berlangsung di Bakhramov Stadium, Baku, tuan rumah Baku harus mengakui keunggulan klub Swiss, Basel FC dengan skor 1-3 (0-0). Kemenangan di kandang lawan juga diraih Litex Lovech (Bulgaria) yang menundukkan Bate (Belarusia) 1-0 (0-0). Hasil serupa ditoreh Hapoel Tel Aviv (Israel) yang berhasil mengungguli tuan rumah Teplice (Republik Ceska) 2-1 (0-0). (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.