Sukses

Everton Menang Besar

Dua gol dari Louis Saha dan Jack Rodwell mengantarkan kemenangan besar 4-0 (2-0) bagi Everton saat menjamu Sigma Olomouc di leg pertama play-off Europa League yang digelar di Goodison Park, Kamis (20/8).

Liputan6.com, Liverpool: Tinggal selangkah lagi Everton menginjakkan kakinya di babak penyisihan grup Europa League (dahulu bertajuk UEFA Cup) setelah di leg pertama babak play-off menghancurkan perlawanan wakil Republik Ceska, Sigma Olomouc dengan skor meyakinkan 4-0 (2-0) dalam pertandingan yang digelar di Goodison Park, Liverpool, Kamis (20/8). Empat gol kemenangan The Toffees dibagi rata antara striker Louis Saha dan gelandang muda Jack Rodwell. Alhasil, Rodwell, 18 tahun, mencatatkan dirinya sebagai pemain Everton termuda yang menjebol gawang lawan di ajang kompetisi Eropa.

Kemenangan di partai kandang juga diraih tim-tim unggulan, seperti halnya tim raksasa Belanda, Ajax Amsterdam yang sukses menghancurkan perlawanan Slovan Bratislava (Slovakia) dengan skor sangat telak 5-0 (1-0). Striker andalan Ajax, Luis Suarez mencetak quat-trick atau empat gol. Satu gol lainnya dihasilkan Mitchel Donald.

Tim kuat Portugal, Benfica juga membuka peluang lebar-lebar seusai mencatat kemenangan 4-0 (1-0) dari Vorskla Poltava (Ukraina) dalam laga yang dilangsungkan di Estadio da Luz, Lisbon. Keempat gol kemenangan Benfica dibagi rata oleh Angel di Maria, Oscar Cardozo, Javier Saviola, dan Weldon Santos.

Raksasa Turki, Galatasaray mengikuti jejak Ajax dengan mencukur wakil Estonia, Levadia Tallin 5-0 (2-0). Abdul Kader Keita mencetak dua gol. Tiga gol lainnya dihasilkan Milan Baros, Harry Kewell, dan Vitali Leitan. Dua klub wakil Italia, Genoa dan Lazio juga sama-sama meraih kemenangan saat menjamu lawan-lawannya. Genoa mengungguli Odense (Denmark) 3-1 (1-0), sementara Lazio menundukkan perlawanan IF Elfsborg (Swedia) 3-0 (2-0).

Sementara itu, juara UEFA Cup 2008, Zenit St Petersburg dipaksa mengakui ketangguhan tuan rumah CD Nacional (Portugal) dengan skor 3-4 (1-2). Namun, hasil ini tidak menutup peluang Zenit. Kemenangan 1-0 di leg kedua pekan depan cukup bagi Zenit untuk melangkah ke babak penyisihan grup.

Berikut hasil lengkap babak play-off UEFA Europa League yang digelar Kamis, 20 Agustus 2009.
MFK Kosice vs AS Roma 3-3
FC Baku vs FC Basel 1-3
Bate vs L Litex Lovech 0-1
Teplice vs Hapoel Tel Aviv 1-2
Rapid Vienna vs Aston Villa 1-0
Guingamp vs Hamburg SV 1-5
Bnei Yehuda vs PSV Eindhoven 0-1
NAC Breda vs Villarreal 1-3
Trabzonspor vs Toulouse 1-3
CSKA Sofia vs Dinamo Moskow 0-0
Metalurh Donetsk vs Austria Wien 2-2
PAOK vs Heerenven 1-1
Sturm Graz vs Metalist Kharkiv 1-1
Steaua Bucuresti vs St Patrick's 3-0
Dinamo Bucuresti vs Slovan Liberec 0-2
Sivasspor vs Shakhtar Donetsk 0-3
Slavia Praha vs Red Star Beograd 3-0
Twente vs Karabakh 3-1
Vaslui vs AEK Athens 2-1
Partizan vs MSK Zilina 1-1
Sarajevo vs CFR Cluj 1-1
Brondby vs Hertha Berlin 2-1
Lech Poznan vs Club Brugge 1-0
FC Sion vs Fenerbahce 0-2
Ajax Amsterdam vs Slovan Bratislava 5-0
Benfica vs Vorskla Poltava 4-0
Galatasaray vs Levadia 5-0
Genoa vs Odense 3-1
Lazio vs Elfsborg 3-0
Maribor vs Sparta Praha 0-2
Racing Genk vs Lille 1-2
Dinamo Zagreb vs Hearts 4-0
Everton vs Sigma Olomouc 4-0
Fulham vs Amkar Perm 3-1
Stabaek vs Valencia 0-3
Werder Bremen vs Aktobe 6-3
Nacional vs Zenit St. Petersburg 4-3
Athletic Bilbao vs Tromso 3-2
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini