Sukses

Pedro Bawa Barca Juara

Melalui perpanjangan waktu, Barcelona mengalahkan Shakhtar Donetsk 1-0 dalam perebutan Piala Super Eropa di Stade Louis II. Gelar kelima Barca ditentukan pemain 22 tahun, Pedro Rodriguez.

Liputan6.com, Monaco: Barcelona membutuhkan perpanjangan waktu untuk merengkuh Piala Super Eropa. Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stade Louis II, Jumat (28/8) atau Sabtu dini hari WIB, Los Blaugrana mengalahkan Shakhtar Donetsk 1-0. Gol di menit ke-115 dihasilkan pemain muda Pedro Rodriguez yang masuk sebagai pemain pengganti.

Melangkah dengan moral membubung tinggi seusai menjuarai Piala Super Spanyol, pasukan Josep Guardiola kesulitan menembus pertahanan Shakhtar yang bermain disiplin. Kiper juara terakhir Piala UEFA, Andrei Pyatov juga bermain gemilang mengamankan serbuan peraih treble-winner musim lalu tersebut.

Sorotan public mengarah ke Zlatan Ibrahimovic yangahow  dibeli musim panas ini dari Inter Milan. Sementara Lionel Messi sebelumnya didaulat meraih gelar UEFA Club Football Award. Namun ancaman pertama Barca di menit kesembilan datang dari Thierry Henry yang tendangannya masih melebar.

Shakhtar praktis dikurung dan pada menit ke-33 kerjasama apik Messi dan Xavi Hernandez hanya bisa dipatahkan Pyatov. Tendangan bebas melengkung Messi juga belum bisa memberi modal bagi Barca yang menjuarai turnamen ini pada 1992 dan 1997.

Barca kembali mendominasi jalannya babak kedua. Dua ancaman serius dari Messi dan Henry masih bisa digagalkan Pyatov yang bekerja keras pada pertandingan tersebut. Kondisi lapangan yang kurang rata membuat permainan satu dua Barca tidak keluar optimal. Belum padu, Ibrahimovic digantikan Pedro.

Untuk menyegarkan skuadnya Guardiola memasukkan Bojan Krkic dan Sergi Busquets. Skor kacamata tidak berubah sampai waktu normal berakhir. Akan tetapi, di masa extra-time striker Shakhtar, Julius Aghahowa memiliki peluang bagus menjebol gawang Barca. Namun kiper Barca, Victor Valdes cakap dalam membaca tendangan menyusur tanah Aghahowa.

Barulah kebuntuan Barca dipecahkan Pedro lima menit sebelum pertandingan ditentukan dengan adu tendangan penalti. Ketidaksempurnaan Darijo Srna dalam memeragakan jebakan offside harus dibayar mahal oleh gol dari penyerang berusia 22 tahun tersebut. Dengan demikian dalam setahun ini Barca menjuarai lima gelar beruntun.(DIM)

Susunan pemain:
Barcelona: Victor Valdes; Eric Abidal, Carles Puyol, Daniel Alves, Gerard Pique; Seydou Keita, Xavi, Toure Yaya (Sergi Busquets 100); Lionel Messi (kk), Thierry Henry (Bojan Krkic 96), Zlatan Ibrahimovic (Pedro Rodriguez 81 (kk)).
Shakhtar Donetsk: Andrei Pyatov; Tomas Hubschman, Razvan Rat, Dmytro Chigrinsky, Olexander Kucher (kk); Darijo Srna (kk), Oleksiy Gai (Vasili Kobin 78 (kk)), Luis Fernandinho (Jadson Rodrigues 78), Willian da Silva (Julius Aghahowa 91), Junior Ilsinho (kk); Luiz Adriano da Silva.
Wasit: Frank De Bleeckere (Belgia).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini