Sukses

Chelsea Menang Tipis

Di kandang sendiri, Stamford Bridge, Chelsea harus berjuang keras untuk menyudahi perlawanan FC Porto. The Blues unggul tipis 1-0 (0-0) lewat gol striker plontos Nicolas Anelka.

Liputan6.com, London: Chelsea harus berjuang keras untuk menyudahi perlawanan FC Porto dalam pertandingan perdana penyisihan Grup A Liga Champions yang berlangsung di Stamford Bridge, Selasa (15/9) malam waktu setempat atau Rabu (16/9) dinihari WIB. The Blues hanya mampu unggul tipis 1-0 (0-0) berkat gol striker plontos Prancis, Nicolas Anelka tiga menit setelah babak kedua dimulai.

Dengan hasil ini, untuk sementara Chelsea memimpin klasemen Grup A dengan tiga poin. Di tempat kedua dan ketiga diduduki bersama-sama Atletico Madrid dan Apoel Nicosia. Di Vicente Calderon, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Sementara, Porto menempati juru kunci klasemen.

Tampil tanpa Didier Drogba dan Jose Bosingwa yang mendapat skorsing plus Deco dan Paulo Ferreira yang cedera, Carlo Ancelotti mencoba memakai formasi 4-3-3 dimana Anelka ditopang Salomon Kalou dan Florent Malouda. Bermain di bawah kondisi lapangan basah, Porto mendapat peluang pertama ketika tendangan Hulk masih dapat diblok Petr Cech di menit kelima. Semenit kemudian, Chelsea mendapat peluang ketika Frank Lampard lolos dari jebakan off-side. Sayang, sundulannya meneruskan umpan silan Branislav Ivanovic masih dapat diblok kiper Porto, Helton.

Di menit ke-17, bek Porto, Rolando berhasil menggagalkan usaha Anelka lewat blokingnya yang tepat waktu. Tiga menit kemudian, sontekan Anelka meneruskan umpan Lampard terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap Helton. Di sela-sela dominasi Chelsea, Porto sempat membalas lewat sundulan Fredy Guarin yang masih melambung.

Di awal babak kedua, Chelsea tampil lebih agresif. Tiga menit berlalu, publik Stamford Bridge berteriak kegirangan melihat gawang Porto jebol. Mendapat sodoran dari Kalou, Anelka melancarkan tembakan keras yang masih dapat diblok Helton. Sayang bagi Porto, bola rebound justru mengarah kembali ke Anelka. Meski berada dalam ruang tembak yang cukup sempit, striker Timnas Prancis itu masih mampu melontarkan tendangan akurat ke sudut kiri gawang Porto. 1-0 untuk Chelsea.

Dalam 10 menit berikutnya, gawang Porto benar-benar dibombardir anak-anak Ancelotti. Di menit ke-52, sundulan Malouda hanya mengenai jaring luar gawang Helton. Enam menit kemudian, sundulan Kalou ditepis Helton. Dari tendangan sudut, sundulan Ivanovic melambung di atas mistar.

Bandul permainan berubah di 20 menit terakhir pertandingan. Memanfaatkan kondisi fisik pemain Chelsea yang mulai kedodoran, Porto bangkit. Beruntung bagi Ancelotti, Cech tampil gemilang dan mampu membuat sejumlah save terhadap tendangan Guarin dan Varela. Di injury time Porto kehilangan Fernando yang mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah. Sampai peluit akhir berbunyi, skor 1-0 untuk Chelsea tetap bertahan.

Susunan Pemain:
Chelsea: Cech, Ashley Cole, Terry, Carvalho, Ivanovic, Malouda (KK), Lampard, Essien (KK), Ballack, Kalou (Belletti), Anelka.
Porto: Helton, Pereira, Bruno Alves, Rolando, Fucile, Raul Meireles, Fernando (KK, KM), Guarin, Rodriguez (Varela), Hulk, Gonzalez (Falcao).
Wasit: Konrad Plautz
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini