Sukses

Madrid dan Milan Raih Kemenangan Pertama

Dua tim unggulan di Grup C, Real Madrid dan AC Milan sama-sama meraih kemenangan di partai perdana penyisihan grup. Madrid menggebuk FC Zurich 5-2, sementara Milan unggul 2-1 dari Marseille.

Liputan6.com, Zurich: Dua tim unggulan di Grup C, Real Madrid dan AC Milan sama-sama meraih kemenangan di partai perdana penyisihan grup. Sempat hampir terkejar, Los Blancos mengamuk dan akhirnya menggebuk FC Zurich 5-2 (3-0). Sementara, Rossoneri mampu mengalahkan Olympique Marseille 2-1 (1-0).

Di Stadion Letzigrund, Madrid turun dengan kekuatan terbaiknya minus Karim Benzema yang duduk di bangku cadangan. Di lini depan, Manuel Pellegrini menduetkan Raul Gonzalez dengan Gonzalo Higuain. Di awal babak pertama, Madrid nyaris kebobolan ketika Iker Casillas harus melakukan penyelamatan gemilang dengan memblok sepakan bek Hannu Tihinen.

Madrid tersengat. Namun, baru di menit ke-27 Los Galacticos unggul lewat gol khas tendangan bebas pemain bintangnya asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Tujuh menit kemudian, Ronaldo menyodorkan bola kepada Higuain yang lantas memberikan umpan ke tengah kotak penalti yang langsung disambar Raul. 2-0 untuk Madrid. Gol ke-65 bagi Raul di ajang Liga Champions.

Madrid tampaknya akan dengan mudah menyudahi perlawanan Zurich ketika Higuain yang memanfaatkan umpan Raul berhasil menjebol gawang Johnny Leoni di menit pertama injury time babak pertama. Skor 3-0 untuk Madrid bertahan sampai jeda.

Pendukung tuan rumah mulai bersemangat melihat gawang Casillas jebol di menit ke-63. Casillas pun dihadiahi kartu kuning menyusul pelanggarannya di kotak terlarang terhadap Alexandre Alphonse. Eksekusi penalti yang dilakukan Xaviar Margairaz mulus. Skor 3-1 tak bertahan lama. Zurich mendapat second wind dua menit kemudian ketika gawang Casillas kembali jebol. Kali ini gol tercipta sundulan Silvan Aegerter meneruskan umpan Johann Vonlanthen.

Skor 3-2 membuat para pemain Madrid frustasi. Tiga pemain, Fernando Gago dan Guti yang baru masuk di babak kedua diganjar kartu kuning. Begitu pula dengan Lassana Diara. Total jenderal, enam pemain Madrid mendapat kartu. Di menit ke-83, Gago nyaris memperbesar keunggulan ketika tendangannya masih dapat ditepis Leoni.

Usaha Madrid memastikan keunggulan baru berhasil di pengujung pertandingan. Ronaldo kembali menjebol gawang Zurich dengan tendangan bebasnya. Skor berubah menjadi 5-2 dua menit kemudian lewat gol Guti yang memanfaatkan sodoran Kaka. Dengan hasil ini, Madrid untuk sementara klasemen Grup C, unggul produktivitas gol dari tim raksasa Italia, AC Milan yang pada saat bersamaan berhasil meraih kemenangan 2-1 (1-0) atas tuan rumah Olympique Marseille dalam pertandingan yang digelar di Stade Velodrome.

Milan yang tampil tanpa Ronaldinho dan Klaas-Jan Huntelaar yang duduk di bangku cadangan sempat unggul terlebih dahulu di menit ke-27 lewat gol striker oportunis, Filippo Inzaghi. Gol ini bermula dari akselerasi Alexandre Pato yang berhasil melalui hadangan pemain Marseille dan menyodorkan bola kepada Clarence Seedorf. Umpan silang Seedorf diselesaikan Inzaghi yang berdiri dalam posisi bebas. Beberapa saat kemudian, Pato gagal menuntaskan umpan silang yang akurat dari Massimo Oddo. Jelang jeda tiba, Marseille nyaris menyamakan kedudukan ketika drive Benoit Cheyrou masih dapat ditepis kiper Marco Storari.

Di awal babak kedua, Marseille langsung menggempur pertahanan tim tamu. Setelah peluang Lucho Gonzalez terbuang percuma, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan lewat sundulan Gabriel Heinze di menit ke-49 yang memanfaatkan umpan silang Cheyrou.

Gol tersebut kian menambah semangat anak-anak asuhan Laurent Blanc. Sejumlah peluang kembali didapat. Sayang penyelesaiannya kurang akurat. Justru, Marseille kecolongan di menit ke-74. Inzaghi kembali menjebol gawang Steve Mandanda setelah mendapat umpan dari Seedorf. Di menit ke-81, Marseille nyaris menyamakan kedudukan ketika sundulan Mamadou Niang meneruskan tendangan bebas Cheyrou tipis melebar dari gawang Storari. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.