Sukses

Ferguson Keukeuh Rotasi Pemain

Kebijakan Sir Alex Ferguson menerapkan rotasi pemain di MU tidak akan diubah. Kebugaran dan kesegaran skuad diutamakan untuk memenangi kembali Liga Champions.

Liputan6.com, Manchester: Manchester United bertemu VfL Wolfsburg yang merupakan lawan utama di Grup B penyisihan Liga Champions. Menjamu tamu penting di Old Trafford, Rabu (30/9) atau Kamis dini hari WIB, Sir Alex Ferguson tetap pada resep utama miliknya, merotasi skuad.

Walau mempertahankan Liga Premier merupakan target teratas, manajer MU itu tidak akan melepas kesempatan untuk kembali menjuarai Liga Champions. Karena itu ia membutuhkan ketetapan hati dari para pemainnya di tiap pertandingan. Dengan begitu kebugaran dan kesegaran pemain menjadi hal utama dalam menopang ambisinya.

Sejauh ini Ferguson yang hampir 23 tahun menukangi MU menjalankan rotasi dengan pas. Dari 78 partai terakhir, Ferguson tidak sekalipun menurunkan starting line-up yang sama. Perbedaan itu termasuk partai kontra Wolfsburg jika dibandingkan dengan susunan skuad ketika berhadapan dengan Stoke City, Sabtu lalu.

“Menurut hemat saya kami memang pantas memenangi lagi Liga Champions,” kata Ferguson kepada Daily Mirror. “Kami memiliki pemain-pemain bagus. Jika menang, saya ingin itu atas nama tim. Tidak akan mudah. Final tahun lalu ketika dikalahkan Barcelona menjadi pelajaran berharga.”

Ferguson tidak ingin gegabah. Pertama ia ingin anak asuhnya lolos ke fase knock-out. “Untuk saat ini kami menargetkan lolos kualifikasi. Ketika berada di babak lanjutan barulah kami berpikir bagaimana mencapai babak final di Madrid,” imbuhnya.

Salah satu pemain yang diperkirakan akan menjadi korban kebijakan rotasi Ferguson yakni Paul Scholes. Di usianya yang sudah 34 tahun Ferguson tidak lagi bisa berharap banyak dari Scholes yang turut bermain di Stoke. Scholes sendiri bisa menerima kebijakan sang bos.

Ia mengaku kini lebih banyak menghabiskan waktu berdiskusi dengan Ferguson menentukan kapan tepatnya ia bermain. “Setiap pemain ingin tampil, tapi manajer selalu bertanya bagaimana kondisiku dan menimbang mana partai yang akan dilewatkan atau dimainkan,” ujar Scholes.

Sementara Scholes duduk di bangku cadangan, Ryan Giggs sepertinya akan memimpin skuad MU menghadapi jawara Bundesliga tersebut. Wayne Rooney dan Dimitar Berbatov tetap akan menghuni lini depan. Ferguson juga tidak perlu khawatir dengan masalah cedera yang membelenggu Rio Ferdinand.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini