Sukses

Messi, Kandidat Terkuat Peraih Ballon d'Or

France Football resmi merilis 30 pemain yang berpeluang meraih penghargaan Ballon d'Or 2009. Kandidat terkuatnya, bintang Barcelona asal Argentina, Lionel Messi.

Liputan6.com, Paris: Majalah sepakbola bergengsi, France Football resmi melansir 30 pemain yang berpeluang meraih Ballon d’Or 2009 atau Pesepakbola Terbaik Eropa 2009. Dari ke-30 pemain yang menjadi nominasi tersebut, tidak ada satu pun pemain yang berasal dari Italia. Sementara, kompetisi Serie A Italia menempatkan empat pemainnya dalam daftar nominasi tersebut.

Kompetisi La Liga Spanyol boleh membusungkan dada dengan menyumbang wakilnya yang terbanyak di antara liga bergengsi Eropa lainnya, dengan menempatkan 13 pemain, enam di antaranya adalah pemain Barcelona, termasuk Lionel Messi yang disebut-sebut berpeluang paling besar untuk menjadi suksesor Cristiano Ronaldo, peraih Golden Ball Award 2008.

Dari sepuluh pemain Liga Premier Inggris yang masuk nominasi, kesemuanya berasal dari empat klub yang sejauh ini mendominasi percaturan premiership, yaitu Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Arsenal. Ironisnya, Ligue 1 Prancis hanya menempatkan satu wakilnya, yaitu bintang Bordeaux, Yoann Gourcuff. Sementara, Bundesliga diwakili dua pemain, striker andalan VfL Wolfsburg, Edin Dzeko dan bintang Bayern Muenchen asal Prancis, Franck Ribery.

Berikut daftar nominasi peraih penghargaan Ballon d’Or 2009.
Lionel Messi (Barcelona)
Maicon (Inter Milan)
Andres Iniesta (Barcelona)
Diego (Juventus)
Zlatan Ibrahimovic (Barcelona)
Franck Ribery (Bayern Munich)
Thierry Henry (Barcelona)
Edin Dzeko (Wolfsburg)
Xavi (Barcelona)
Yoann Gourcuff (Bordeaux)
Yaya Toure (Barcelona)
Andrey Arshavin (Arsenal)
Iker Casillas (Real Madrid)
Cesc Fabregas (Arsenal)
Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
Didier Drogba (Chelsea)
Karim Benzema (Real Madrid)
Frank Lampard (Chelsea)
Kaka (Real Madrid)
John Terry (Chelsea)
Luis Fabiano (Sevilla)
Steven Gerrard (Liverpool)
David Villa (Valencia)
Fernando Torres (Liverpool)
Diego Forlan (Atletico Madrid)
Nemanja Vidic (Manchester United)
Samuel Eto'o (Inter Milan)
Wayne Rooney (Manchester United)
Julio Cesar (Inter Milan)
Ryan Giggs (Manchester United)
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.