Sukses

Sepuluh Nomine Ballon d'Or

France Football memangkas jumlah kandidat yang berhak mendapatkan penghargaan Ballon d'Or 2009. Dari jumlah awal 30, daftar menyusut menjadi 10 pemain. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Paris: Medio Oktober, majalah sepakbola paling bergengsi di Prancis dan Eropa, France Football merilis 30 nama pemain yang berpeluang meraih penghargaan Ballon d’Or 2009. Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, dari ketigapuluh kandidat tersebut, bertengger nama-nama pemain top seperti favorit Lionel Messi (Barcelona) dan peraih Golden Ball—nama lain dari Ballon d’Or—di tahun 2008 lalu, Cristiano Ronaldo yang kini bermain bersama Real Madrid (Baca: Messi, Kandidat Terkuat Peraih Ballon d'Or).

Dua hari sebelum malam anugerah Ballon d’Or digelar di Paris—rencananya akan disiarkan secara live oleh stasiun televisi TF1, 1 Desember lusa—France Football melansir 10 pemain yang masih berpeluang meraih awards tersebut. Artinya, 20 pemain yang semula masuk daftar nominasi tersingkir. Dari kesepuluh pemain tersebut, bintang Barca, Messi tetap digadang-gadang bakal meraih penghargaan tersebut sekaligus menjadi suksesor CR9.

Berikut kesepuluh pemain yang bersaing meraih gelar European Footballer of the Year atau Pemain Terbaik Eropa 2009 seperti yang dirilis France Football pada Minggu, 29 November.
1. Didier Drogba (Pantai Gading, Chelsea)
2. Samuel Eto'o (Kamerun, Barcelona dan Inter Milan)
3. Steven Gerrard (Inggris, Liverpool)
4. Zlatan Ibrahimovic (Swedia, Inter Milan dan Barcelona)
5. Andres Iniesta (Spanyol, Barcelona)
6. Kaka (Brasil, AC Milan dan Real Madrid)
7. Lionel Messi (Argentina, Barcelona)
8. Cristiano Ronaldo (Portugal, Manchester United dan Real Madrid)
9. Wayne Rooney (Inggris, Manchester United)
10. Xavi Hernandez (Spanyol, Barcelona)
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.