Sukses

Tiga Kota Menunggu Nasib

Baru Kiev, Ibu Kota Ukraina yang dipastikan menjadi salah satu venue penyelenggaraan Euro 2012. Tiga kota lainnya, Donetsk, Lviv, dan Kharkiv menunggu ketuk palu UEFA, Jumat (11/12).

Liputan6.com, Funchal: Hari-hari yang menegangkan bagi pemerintah Ukraina. Rencananya pada hari Jumat (11/12) ini, UEFA akan memutuskan laik tidaknya tiga kota: Donetsk, Lviv, dan Kharkiv sebagai venue penyelenggaraan Euro 2012. Seperti diketahui, Ukraina dan Polandia ditunjuk UEFA sebagai tuan rumah bersama. Pertemuan yang digelar Komite Eksekutif UEFA berlangsung di Madeira sejak Kamis (10/12) kemarin.

Sebelumnya, UEFA telah memastikan jika Ibu Kota Ukraina, Kiev menjadi salah satu kota penyelenggara. Dalam pertemuan tersebut juga akan dibuat putusan apakah Kiev—memiliki NSK Olimpiyskyi atau Olympic Stadium yang berkapasitas 69 ribu penonton—sesuai rencana semula, akan ditetapkan sebagai host babak final selain menyajikan pertandingan di babak penyisihan grup, perempat final dan semifinal.

Menyusul krisis ekonomi global, Ukraina mendapat kendala yang sangat berat dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Euro 2012 bersama Polandia. Rintangan dimaksud di antaranya adalah pembangunan infrastuktur transportasi dan hotel. UEFA pun sempat frustasi melihat lambannya persiapan yang ditunjukkan Ukraina. Pada Mei lalu, UEFA memberikan tambahan waktu bagi Donestk, Lviv, dan Kharkiv untuk menunjukkan progres yang telah dilakukan.

Sementara itu, empat kota di Polandia, Gdansk, Wroclaw, Warsawa, dan Poznan telah mendapat konfirmasi atau persetujuan UEFA untuk menggelar turnamen antarnegara paling bergengsi di seantero Benua Biru tersebut.(MEG)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.