Sukses

Distribusi Bola Lancar Ala Xavi!

Barcelona begitu superior dari Arsenal pekan lalu, terutama di babak pertama. Jika hal itu tidak ingin terulang di leg kedua, The Gunners kudu mencermati Xavi Hernandez, jenderal permainan Barca.

Liputan6.com, Barcelona: Barcelona begitu superior dari Arsenal ketika kedua tim bertarung pada leg pertama perempat final Liga Champions, terutama di babak kedua, Rabu (7/4) lalu. Arsenal yang biasanya asyik memainkan bola dari kaki ke kaki dibuat tidak berdaya. Barca unggul mutlak soal penguasaan bola, hingga 70 persen di Emirates Stadium, London.

Yang menarik dari pertandingan itu Lionel Messi tidak terlalu bersinar. Lalu mengapa Los Blaugrana bisa begitu impresif? Xavi Hernandez jawabannya. Wakil kapten Barca ini begitu piawai memainkan tempo dan mendistrisbusikan ‘si kulit bundar’. Arsenal wajib meredam Xavi jika ingin mengendalikan permainan.

Xavi merupakan pengumpan terbaik di Liga Champions musim ini, baik secara kualitas maupun kuantitas. Barca merupakan tim pengumpan terbanyak di musim ini dengan 6.172 umpan. Dari jumlah itu, 915 di antaranya dibuat Xavi. Bandingkan saja dengan Alexandre Song Billong, pemain Arsenal yang terbanyak dalam melepaskan umpan, dengan 499 kali.

Tapi sulit bagi Arsenal menghentikan Xavi di Nou Camp, terutama dengan absennya Song dan juga Cesc Fabregas. Jika Song absen akibat cedera, Fabregas karena akumulasi kartu. Tugas mengambil alih kendali lini vital selanjutnya diemban Samir Nasri dan Denilson. Dominasi Barca akan kian merajalela jika Andres Iniesta yang berangsur pulih bisa menemani Xavi, serta ditambah aksi ciamik Messi. Mampukah Arsenal menjadikan Nou Camp pijakan ke semifinal?(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini