Sukses

Krisis Bek, Van Gaal "Pede"

Di saat berjuang mempertahankan keunggulan 1-0 dari Lyon, sejumlah bek Bayern Muenchen dibalut cedera. Tantangan yang tidak menyurutkan ambisi Louis van Gaal untuk lolos ke final.

Liputan6.com, Lyon: Cedera sejumlah pemain belakang menyertai kedatangan Bayern Muenchen di Stade de Gerland, markas Olympique Lyonnais. Tapi tidak ada kata gagal dalam kamus Louis van Gaal menjalani leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu dini hari WIB nanti.

Pelatih Bayern itu belum bisa memberi kepastian apakah Martin Demichelis, Daniel van Buyten dan Diego Contento cukup bugar mengamankan keunggulan 1-0 yang dipetik di Allianz Arena minggu lalu. Gelandang bertahan asal Ukraina Anatoliy Tymoschuk juga tidak disertakan bertamu ke tanah Prancis.

“Saya datang dengan 17 pemain dan memainkan 11 di antaranya. Jadi, jika tiga pemain absen, saya masih memiliki 14 pemain,” sergah Van Gaal. Optimisme pelatih asal Belanda itu tidak sejalan dengan fakta. Bayern memiliki catatan pertahanan terburuk di antara semifinalis lainnya, kebobolan 13 kali sejauh ini.

Mengenai catatan buruk itu, Van Gaal punya alasan tersendiri. Menurutnya, Die Roten bukanlah tim yang mengharamkan kebobolan ketika bertanding. Permainan terbuka menjadi filosofi yang diambil mantan pelatih Barcelona itu, walau kenyataan berbicara lain saat Bayern unggul mencetak gol semata wayang di leg pertama.

Van Gaal juga berharap banyak kepada mentalitas tim Jerman yang melekat di tim asuhannya. Itulah yang membuat Bayern lolos dari hadangan Fiorentina dan Manchester United di babak sebelumnya. Bayern merontokkan jago Italia dan Inggris tersebut dengan keunggulan gol tandang.(DIM/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.