Sukses

Harapan Kapal Selam Kuning Kandas

Tidak ada tempat bagi Villarreal untuk berkiprah di Europa League musim depan. UEFA merilis pernyataan resmi bahwa wakil Spanyol terdiri dari Real Mallorca, Getafe, dan Atletico Madrid.

Liputan6.com, Madrid: Harapan Villarreal untuk berkiprah di kompetisi UEFA Europa League musim depan musnah. UEFA merilis pernyataan resmi kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) bahwasanya jatah Spanyol di kompetisi tersebut tetap tiga tim, yaitu Real Mallorca, Getafe, dan Atletico Madrid.

Seusai pergelaran pamungkas di jornada ke-38 pekan lalu, The Yellow Submarine, julukan Villarreal, harus puas bertengger di peringkat ketujuh klasemen akhir menyusul hasil imbang 3-3 di kandang Real Zaragoza. Mengumpulkan 56 poin, Kapal Selam Kuning tertinggal dua angka dari Getafe yang pada saat bersamaan mampu meraup hasil maksimal di kandang Atletico.

Meski gagal meraih posisi terakhir ke putaran ketiga kualifikasi Europa League, Villarreal masih berharap mendapatkan tiket menyusul bertemunya Sevilla dan Atletico Madrid di babak final Copa del Rey. Dalam benak pasukan Kapal Selam Kuning, tiket bisa menjadi milik klub yang bermarkas di El Madrigal itu andaikata Sevilla tampil sebagai juara Copa del Rey. Sebab, jatah di Europa League tidak akan otomatis menjadi milik finalis Copa del Rey andaikata tim juaranya telah terlebih dahulu menggenggam tiket Europa.

Namun, Villarreal terpaksa gigit jari. Pasalnya UEFA merilis pernyataan resmi tentang skenario pemilik tiket ke Europa League terkait hasil babak final Copa del Rey. UEFA memberi konfirmasi jika Sevilla tampil sebagai juara, maka jatah mereka di Europa League bakal diberikan kepada tim finalis, dalam hal ini Atletico.

Di lain pihak, Atletico yang juga merupakan juara bertahan menyusul kemenangannya atas Fulham di babak final Europa League yang digelar di HSH Nordbank Arena, Hamburg, 12 Mei lalu, mendapat dispensasi khusus yaitu langsung mengikuti babak penyisihan grup di musim depan. Sebelumnya, juara Copa del Rey terlebih dahulu harus bertanding di babak kualifikasi.

Dengan demikian, dapat dipastikan jika wakil Spanyol di pergelaran Europa League musim depan adalah Mallorca, Getafe, dan Atletico.(MEG/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.