Sukses

Trigol Defoe, Inggris Bertaji Lagi

Hat-trick Jermain Defoe membuka langkah Inggris dengan kemenangan telak 4-0 (1-0) atas Bulgaria di Grup G babak kualifikasi Euro 2012. Satu gol di Wembley lainnya dilesakkan Adam Johnson.

Liputan6.com, London: Langkah pertama Inggris lolos ke Euro 2012 dilalui dengan hasil mengesankan. Ditandai hat-trick Jermain Defoe, “Tiga Singa” menerkam Bulgaria yang terkapar 4-0 di Wembley Stadium, London, Jumat (3/9) atau Sabtu dini hari WIB. 

Fabio Capello bisa tersenyum dengan hasil mengesankan dalam partai pembuka di Grup G babak kualifikasi untuk lolos ke putaran final di Polandia-Ukraina. Satu gol tambahan yang bisa mengurangi tekanan di pundak Capello dilesakkan Adam Johnson. 

Kepercayaan diri Inggris terdongkrak berkat gol cepat Defoe saat babak pertama berjalan tiga menit. Wayne Rooney yang tidak mencetak gol bermain apik dengan umpan-umpan yang memanjakan Defoe. Termasuk sumbangsihnya pada gol pertama ketika mengirim umpan ke Ashley Cole yang dengan jitu mengumpannya ke Defoe. 

Joe Hart juga memberi harapan baik. Penampilannya yang tenang mencegah Glen Johnson mencetak gol bunuh diri. Setelah gagal menambah gol sampai turun minum, publik Inggris kembali bersorak girang pada menit ke-61. Umpan terobosan Rooney dari sebuah serangan balik diselesaikan sepakan mendatar Defoe yang melewati sela-sela kaki kiper Nikolay Mihailov. Inggris unggul 2-0. 

Hart kembali beraksi saat menahan tembakan Dimitar Rangelov dengan satu tangan. Pada menit ke-83 Adam Johnson mencetak gol pertamanya di level internasional tingkat senior. Tembakan kaki kiri Adam Johnson mengecoh Mihaylov. Memasuki menit ke-86 Defoe melengkapi hat-trick yang sekali lagi berkat assist Rooney.

Susunan pemain:
Inggris: Hart; Glen Johnson, Jagielka, Dawson (Cahill 56), Ashley Cole, Walcott (Adam Johnson 74), Gerrard, Barry, Milner, Defoe (Young 87), Rooney.
Bulgaria: Mihailov; Ivanov, Milanov, Manolev (Minev 66), Iliyan Stoyanov, Yankov, Angelov, Stiliyan Petrov, Martin Petrov, Bojinov (Rangelov 63), Popov (kk) (Peev 79).
(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.