Sukses

Kuyt Loloskan Liverpool

Sundulan Dirk Kuyt mengantarkan kemenangan tipis 1-0 (0-0) bagi Liverpool saat menjamu Sparta Praha di leg kedua babak 32 besar Europa League. The Reds unggul agregat 1-0 dan melaju ke 16 besar.

Liputan6.com, Liverpool: Tampil tak istimewa, Liverpool berhasil memetik kemenangan 1-0 (0-0) dari tamunya Sparta Praha di leg kedua babak 32 besar yang berlangsung di Anfield Stadium, Kamis (24/2) malam waktu setempat atau Jumat (25/2) dinihari WIB. Gol semata wayang kemenangan The Reds ditentukan lewat sundulan striker Dirk Kuyt lima menit menjelang waktu normal berakhir. Dengan hasil ini, Liverpool unggul agregat 1-0 dan berhak melaju ke babak 16 besar. Dengan hasil ini, Liverpool unggul agregat 1-0 dan berhak melaju ke babak 16 besar dan akan bertemu dengan pemenang antara Lech Poznan dan Braga.

Menyimak jalannya pertandingan, Liverpool yang tampil minus sejumlah pemain intinya seperti Steven Gerrard, Glen Johnson, Andy Carroll, dan Luis Suarez yang berstatus cup-tied, tampil cukup bagus di babak pertama dibanding penampilan mereka sepekan lalu di Praha. Sembilan menit berlalu, Raul Meireles mendapat peluang ketika tendangannya di kotak penalti meneruskan umpan silang Martin Kelly melambung di atas mistar.

Sparta yang tampil tanpa beban mampu mengimbangi tekanan Meireles dkk. Sayang sundulan Vaclav Kadec terlalu mudah untuk diantisipasi Pepe Reina. Di menit ke-17, kiper Sparta Jaromir Blazek membuat save dengan menepis sundulan Sotirios Kyrgiakos yang meneruskan umpan dari corner Meireles. Empat menit kemudian Reina membuat blunder yang nyaris berakibat fatal. Beruntung, kesalahan Reina saat mengantisipasi tendangan penjuru gagal dimanfaatkan Libor Sionko.

Semenit kemudian, Meireles kembali mendapat peluang emas. Lagi, memanfaatkan umpan silang Kelly, sepakan Meireles jauh melambung. Di menit ke-24, kiper Blazek memblok tendangan Joe Cole. Sepuluh menit jelang turun minum, tuan rumah mendapat peluang terbaik untuk mencetak gol. Sepakan David Ngog dapat diblok kiper Blazek. Joe Cole terlambat mengantisipasi bola rebound.

Di babak kedua, The Reds justru tampil buruk. Pun begitu pula dengan Sparta yang cenderung bertahan. Tekanan yang dilakukan anak-anak asuhan Kenny Dalglish selalu terbuang ketika memasuki kotak 16 meter. Tampilan Liverpool mulai membaik di 15 menit terakhir seiring dengan peluang emas yang didapat Ngog. Menerima umpan akurat dari Meireles, Ngog yang lolos dari jebakan off-side gagal menaklukkan Blazek.

Di saat publik Anfield mulai frustasi, Kuyt tampil sebagai pahlawan lewat sundulannya meneruskan corner Meireles. Bola tak dapat diantisipasi kiper Blazek. 1-0 untuk Liverpool. Sparta mencoba bangkit. Namun, The Reds tetap di atas angin. Satu menit memasuki injury time, tendangan Ngog diblok kiper Blazek. Tak lama kemudian, Joe Cole gagal memperbesar keunggulan. Dalam posisi satu lawan satu dengan Blazek, sepakan Joe Cole melenceng. Skor 1-0 bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain:
Liverpool: Pepe Reina; Martin Kelly (KK, Jamie Carragher), Sotirios Kyrgiakos, Daniel Agger (Martin Skrtel), Danny Wilson; Christian Poulsen (KK, Jay Spearing), Lucas; Joe Cole, Raul Meireles, Dirk Kuyt; David Ngog.
Sparta: Jaromir Blazek; Martin Abena (Tomas Pekhart), Tomas Repka, Erich Brabec, Manuel Pamic (KK, Andrej Keric); Libor Sionko (Jakub Podany), Kamil Vacek, Marek Matejovsky (KK), Ondrej Kusnir; Leonard Kweuke (KK), Vaclav Kadlec.
Wasit: Milorad Mazic (Serbia)
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini