Sukses

Cruyff: Mental Arsenal Payah

Legenda sepakbola Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff, yakin Barcelona bakal mampu melaju ke babak perempat final Liga Champions meski pada leg pertama kalah dari Arsenal.

Liputan6.com, Barcelona: Mantan pemain bintang dan pelatih Barcelona, Johan Cruyff, mempertanyakan kemampuan Arsenal mengalahkan Los Blaugrana di Nou Camp, Rabu (9/3) dini hari WIB nanti. Legenda sepakbola Belanda ini menunjuk aspek mental sebagai kelemahan mendasar The Gunners.

Barcelona, kata Cruyff, melakukan beberapa kesalahan di leg pertama. Hal itu tidak boleh terulang di leg penentu jika ingin melaju ke babak perempat final Liga Champions. Jika Zaragoza saja bisa memperoleh dua sampai tiga peluang, lanjut Cruyff, Arsenal tentunya juga bisa.

Akan tetapi, meski Arsenal menang 2-1 pada leg pertama, Barcelona memiliki dua faktor yang bisa membalikkan keadaan. Pertama, Cruyff menunjuk gaya bermain istimewa dan beberapa pemain yang bisa sangat menentukan hasil akhir. Satunya lagi, Cruyff mencoba menganalisa dari sisi Arsenal.

"Mereka (Arsenal) dihantui masa lalu. Aspek mental sangat berperan sentral dalam sepakbola dan ini jelas bukan kekuatan Arsenal. Mereka sering kepayahan dalam pertandingan-pertandingan penting," tukasnya.

Cruyff menggarisbawahi catatan buruk Arsenal dalam beberapa partai krusial baru lalu. Arsenal di antaranya kalah dari Birmingham City dalam final Carling Cup. Akhir pekan lalu, kesempatan memangkas jarak dengan Manchester United di puncak klasemen Liga Premier gagal dimaksimalkan. Arsenal bermain imbang dengan Sunderland di Emirates Stadium.

"Partai di Nou Camp, Selasa ini (waktu setempat), akan menjadi salah satu dari kegagalan mereka," tandas Cruyff. Arsenal yang tertinggal lebih dulu berhasil mengalahkan Barcelona 2-1 di Emirates. Tetapi, musim lalu pada babak perempat final dan juga di Nou Camp, Barcelona melibas Arsenal 4-1.(DIM/El Periodico Catalunya/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini