Sukses

Mandul, Liverpool Gugur

Wakil Inggris berguguran. Setelah Manchester City, giliran Liverpool yang gagal meraih tiket ke perempat final Europa League menyusul hasil imbang tanpa gol dengan Braga. The Reds kalah agregat 0-1.

Liputan6,com, Liverpool: Kiprah wakil Inggris di ajang Europa League kontras dengan yang terjadi di ajang Liga Champions. Manchester City dan Liverpool gagal mengikuti jejak Manchester United, Chelsea, dan Tottenham Hotspur. Walhasil, tak ada satu wakil Liga Premier yang masih bertahan di ajang Europa League.

Setelah City gagal membalikkan keadaan dari Dynamo Kiev, kini giliran The Reds yang tak mampu mendobrak solidnya lini pertahanan SC Braga di leg kedua babak perempat final yang berlangsung di Anfield Stadium, Kamis (17/3) malam waktu setempat atau Jumat (18/3) dinihari WIB. Hasil imbang tanpa gol alias 0-0 membuat Liverpool tersingkir karena kalah agregat 0-1.

Menyadari kewajiban mencetak gol, Kenny Dalglish menurunkan Andy Carroll dan Dirk Kuyt sebagai target man didukung dua winger Joe Cole dan Maxi Rodriguez. Awalnya, formasi tersebut tampil menjanjikan. Dalam 20 menit pertama, pertahanan Braga kocar-kacir. Tendangan Cole harus diblok kiper Artur. Bola rebound disambar Carroll namun masih membentur bek Braga.

Jebakan off-side yang diterapkan Junior Paulao dkk kerap ampuh mematikan pergerakan Carroll yang unggul telak dalam perebutan bola. Memasuki pertengahan babak, Braga tampak lebih nyaman dan berhasil mengkonsolidasi permainan. Sebaliknya, Jamie Carragher dkk mulai tampak frustasi. Sepakan Carroll di menit-menit akhir babak pertama melebar dari sasaran.

Di babak kedua, The Reds tetap tampil dominan. Namun, penyelesaian akhir yang jauh dari akurat membuang peluang yang didapat Maxi dan Raul Meireles lewat sundulannya dari jarak delapan meter terbuang percuma. Menyadari kebuntuan timnya, Dalglish memainkan Jay Spearing dan David Ngog. Tempo permainan yang dikembangkan Liverpool kian cepat. Di menit ke-77, sepakan Ngog masih pas dalam pelukan kiper Artur.

Peluang emas terbaik Liverpool di babak kedua terjadi di menit ke-84. Berawal dari tendangan penjuru yang dilakukan Meireles. Sundulan Carroll mengenai badan Kuyt. Bola liar dihalau bek Braga dan jatuh pada kaki Carragher yang kemudian melepaskan umpan lambung ke kotak penalti. Bek Martin Skrtel yang ikut membantu serangan lolos dari jebakan off-side. Sayang, sepakan Skrtel dengan gemilang dapat diblok kiper Artur. Skor 0-0 bertahan sampai peluit akhir berbunyi. Dalglish pun kecewa.

Susunan Pemain:
Liverpool: Reina, Johnson, Carragher, Skrtel (KK), Wilson, Maxi (Spearing), Lucas, Meireles (KK), Cole (Ngog), Carroll (KK), Kuyt.
Braga: Artur Moraes, Miguel Garcia, Paulao (KK), Rodriguez, Silvio, Alan, Leandro Salino (Mossoro), Vandinho (Kaka), Hugo Viana, Paulo Cesar, Lima (Ze Meyong).
Wasit: Gianluca Rocchi (Italia)
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.