Sukses

MU Menatap Wembley

Tinggal selangkah lagi Manchester United melaju ke babak final Liga Champions. Di leg pertama fase semifinal, dengan meyakinkan Setan Merah mempermalukan tuan rumah Schalke 04 2-0 (0-0).

Liputan6.com, Gelsenkirchen: Tinggal selangkah lagi Manchester United melaju ke babak final Liga Champions yang akan berlangsung di Wembley Stadium, 28 Mei mendatang. Di leg pertama fase semifinal yang berlangsung di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, Selasa (26/4) malam waktu setempat atau Rabu (27/4) dinihari WIB, Setan Merah dengan meyakinkan mempermalukan tuan rumah Schalke 04 dengan skor 2-0 (0-0). Dua gol kemenangan MU tercipta dalam rentang tiga menit melalui kaki Ryan Giggs di menit ke-66 dan Wayne Rooney di menit ke-69.

Menyimak jalannya pertandingan, MU pantas memenangkan laga leg pertama ini. Kunci kesuksesan skuad asuhan Sir Alex Ferguson terletak pada begitu nyamannya Ryan Giggs dan Michael Carrick yang didukung Park Ji-Sung menguasai lini tengah dan mengendalikan irama permainan. Di lain pihak, absennya Benedikt Hoewedes membuat pertahanan Die Knappen begitu rapuh. Andai kiper Manuel Neuer tampil di bawah standarnya, Schalke sudah tertinggal di babak pertama.

Tercatat, lebih dari lima kali Neuer melakukan penyelamatan gemilang di sepanjang 45 menit pertama. Dimulai dengan menepis tendangan melengkung Wayne Rooney di menit kedua. Tiga menit kemudian, Neuer kembali beraksi dengan memblok tendangan Ji-Sung yang lolos dari perangkap off-side. 60 detik berlalu, giliran Javier “Chicharito” Hernandez yang gigit jari melihat kecekatan Neuer.

Setelah sempat dibalas lewat akselerasi Jefferson Farfan di menit kedelapan, MU praktis menguasai penuh jalannya pertandingan. Peluang emas kembali diraih tim tamu di menit ke-13. Lolos dari jebakan off-side, tendangan Chicharito masih dapat ditepis Neuer. 12 menit berlalu, Chicharito kembali mendapat peluang bagus untuk menjebol gawang Schalke. Berhasil mengelabui pengawalnya, Joel Matip, Chicarito melepaskan tendangan yang tak mampu dijangkau Neuer. Sayang, arahnya masih tipis bergulir di sisi kanan gawang.

Sepuluh menit menjelang turun minum tiba, MU kembali mendapat peluang mencetak gol. Lagi-lagi Chicharito bebas dari kawalan bek Die Knappen. Tembakannya masih dapat diblok Neuer. Bola rebound disambar Ji-Sung dan membentur badan defender tuan rumah. Sepakan Giggs gagal dimanfaatkan Ji-Sung. Dua menit kemudian, lewat serangan balik yang cepat, tembakan Fabio da Silva melambung tipis di atas mistar. Peluang emas kembali didapat MU di menit ke-44 ketika upaya Giggs kembali dapat digagalkan Neuer.

Harapan publik Gelsenkirchen akan kebangkitan anak-anak asuhan Ralf Rangnick di babak kedua kandas. Sebaliknya, MU terus berupaya mencari gol pembuka. Kurang dari 80 detik setelah kick-off dibunyikan, Neuer kembali membuat save dengan menepis bola hasil sundulan Carrick yang memanfaatkan umpan lambung dari tendangan bebas yang dilakukan Giggs. Satu menit kemudian, Giggs kembali gagal mematahkan kegemilangan Neuer.

Setelah gol Chicharito dianulir karena sebelumnya telah berdiri dalam posisi of-side, Schalke sempat menggertak MU lewat tendangan spekulasi Jose Jurado dari jarak 22 meter yang masih dapat diselamatkan kiper Van der Sar. Begitu pula halnya dengan sepakan Edu di menit ke-64 yang pas mendarat dalam pelukan kiper kawakan asal Belanda tersebut.

Kegigihan MU mencari gol away baru membuahkan hasil di menit ke-66. Berawal dari umpan akurat yang disodorkan Rooney kepada Giggs yang datang dari second line. Dengan dingin, Giggs kali ini berhasil mengelabui Neuer. Bola hasil sepakannya meluncur di sela-sela kaki Neuer. 1-0 untuk MU.

Kurang dari tiga menit kemudian, MU memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Lagi, Joel Matip yang ditugaskan Rangnick menggantikan Hoedewes gagal mengantisipasi pergerakan Rooney. Mendapat umpan manis dari Chicharito, Rooney sukses menjebol gawang Neuer. Sejak saat itu, pertandingan dapat dikatakan telah efektif usai.

Di menit-menit tersisa MU lebih terfokus mempertahankan keunggulan dengan menarik Chicharito dan Rooney untuk digantikan Anderson dan Nani. Schalke sempat mengancam di menit ke-81 lewat tendangan pemain pengganti Sergio Escudero yang masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Van der Sar. Skor 2-0 bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain
:
Schalke: Manuel Neuer, Atsuto Uchida, Joel Matip, Christoph Metzelder (KK), Hans Sarpei (KK, Sergio Escudero); Jefferson Farfan, Kyriakos Papadopoulos, Jose Jurado (Julian Draxler), Alexander Baumjohann (Peer Kluge); Raul, Edu.
MU: Edwin van der Sar, Fabio Da Silva (KK), Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Patrice Evra; Antonio Valencia, Michael Carrick, Ryan Giggs, Park Ji-Sung (Paul Scholes); Wayne Rooney (Nani), Javier Hernandez (Anderson).
Wasit: Carlos Velasco Carballo.
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini