Sukses

Satu Kaki Barca di Final

Peluang Barcelona berlaga di final Liga Champions terbuka lebar. Lionel Messi memborong gol kemenangan 2-0 (0-0) atas Real Madrid yang bermain dengan 10 orang di Santiago Bernabeu.

Liputan6.com, Madrid: Peluang Barcelona berlaga di final Liga Champions terbuka lebar. Lionel Messi memborong gol kemenangan 2-0 (0-0) atas Real Madrid yang bermain dengan 10 orang pada leg pertama semifinal di Santiago Bernabeu, Rabu (27/4) atau Kamis dini hari WIB.

Madrid memulai laga dengan warna baru ketika memainkan operan-operan pendek. Tapi kondisi itu hanya berlangsung lima menit. Penguasaan bola kembali dipegang Barca. Pertukaran tendangan spekulasi terjadi di menit keempat dari Xavi Hernandez yang dibalas Cristiano Ronaldo. Tapi, tendangan keduanya bisa diantisipasi masing-masing penjaga gawang.

Setelah David Villa mengancam di menit ke-11, Xavi membahayakan gawang tuan rumah usai menerima umpan terobosan Messi. Ancaman itu berhasil dipatahkan Iker Casillas. Permainan berjalan monoton, Barca asyik memainkan gaya tiki-taka dan Madrid memprioritaskan menunggu di daerah mereka sendiri.

Insiden yang melibatkan Alvaro Arbeloa dan Pedro Rodriguez menaikkan tensi di menit ke-39. Di injury time babak pertama, tembakan CR7 dari luar kotak penalti memaksa Victor Valdes mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Peluang terbaik sejauh ini sebelum babak pertama ditutup dengan kedudukan tetap 0-0.

Jose Mourinho langsung menerapkan perubahan dengan mengaktifkan striker murni Emmanuel Adebayor. Masuknya Adebayor mengganggu pengusaan bola yang sebelumnya nyaman dilakukan lini belakang Barca. Kondisi ini nyaris membuahkan gol kemenangan bagi Madrid. Apes bagi Ronaldo ketika sepakannya bisa diblok Carles Puyol pada menit ke-50.

Petaka bagi Los Merengeus datang di menit ke-61. Pelanggaran Pepe terhadap Daniel Alves berbuah kartu merah langsung. Wasit bergeming dengan protes dari kubu Madrid. Insiden protes ini juga diikuti diusirnya Mourinho dari pinggir lapangan. Barca pun nyaman mengontrol ritme permainan.

Serangan Barca yang unggul jumlah pemain menjadi lebih gencar. Satu peluang yang dihasilkan Villa lewat tendangannya bisa ditepis Casillas di menit ke-68. Namun pada menit ke-76 serangan Azulgrana tak lagi terbendung. Masuknya Ibrahim Afellay menggangu konsentrasi Marcelo yang tadinya efektif meredam Villa ataupun Pedro. Afellay membayar kepercayaan dengan memberi assist bagi Messi. Barca 1, Madrid 0.

Keuntungan kembali dimanfaatkan tim tamu. Messi menjadi pahlawan dan memastikan kemenangan Barca lewat golnya pada menit ke-87. Tusukan Messi ke dalam kotak penalti tidak mampu dihentikan beberapa pemain lawan sebelum memperdaya Casillas untuk kedua kalinya. Barca pun menatap partai puncak di Wembley Stadium setelah membawa pulang keunggulan 2-0 ke Nou Camp pada Selasa, 3 Mei.(DIM)

Susunan pemain:
Real Madrid: Casillas; Arbeloa (kk), Sergio Ramos (kk), Albiol, Marcelo, Alonso, Pepe (km), Diarra, Ozil (Adebayor 46 (kk)), Ronaldo, Di Maria.
Barcelona: Valdes; Dani Alves (kk), Pique, Busquets, Puyol, Xavi, Mascherano (kk), Keita, Pedro (Afellay 71), Messi, Villa (Roberto 90).
Wasit: Wolfgang Stark (Jerman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini