Sukses

Collina Monitor El Clasico Pamungkas

Menilik panasnya persaingan Barcelona kontra Real Madrid yang berpotensi terjadi kekisruhan, UEFA mendelegasikan mantan wasit kharismatik Italia, Pierluigi Collina untuk memonitor laga di Nou Camp dini hari nanti.

Liputan6.com, Nyon: Menilik panasnya permusuhan Barcelona kontra Real Madrid yang berpotensi terjadi kekisruhan, UEFA mendelegasikan mantan wasit kharismatik Italia, Pierluigi Collina. Konfederasi Sepakbola Eropa itu ditugasi memonitor kinerja wasit Frank De Bleeckere yang memimpin leg penentu semifinal Liga Champions di Nou Camp, Selasa.

Collina bertindak selaku delegasi resmi yang artinya punya pengaruh besar dalam memberikan laporan tertulis ke UEFA.

Setelah Barcelona menang 2-0 yang diwarnai sejumlah insiden, Madrid mengajukan komplain ke UEFA tentang tingkah beberapa pemain Barcelona yang bertindak berlebihan (diving). Salah satunya aksi teatrikal Daniel Alves yang membuat Pepe diganjar kartu merah langsung ketika skor masih imbang tanpa gol.

Barcelona pun mengajukan komplain atas komentar Jose Mourinho seusai laga. Tetapi,  protes yang diajukan kedua kesebelasan dimentahkan UEFA (Baca: UEFA Tolak Komplain Madrid dan Barca).

Collina sudah tidak lagi aktif menjadi wasit sejak 2005, tetapi pengaruhnya cukup luas. Dia merupakan salah satu Komite Wasit UEFA. Dia berpengalaman memimpin duel el clasico ketika kedua tim bertemu untuk terakhir kalinya di babak semifinal Liga Champions pada leg kedua.

Pada 2002 itu, kedua tim bermain imbang 1-1 dan Madrid melaju ke final dan keluar sebagai juara. Pria berusia 51 tahun ini jugalah yang memimpin final Liga Champions di 1999 yang dimenangkan secara dramatis oleh Manchester United, dengan mengandaskan Bayern Muenchen. Jejak rekam Collina semakin harum setelah ditunjuk memimpin partai final Piala Dunia 2002 di Jepang.(DIM/AFP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.