Sukses

MU Tantang Barca di Wembley

Manchester United tidak memberi angin kepada Schalke 04 yang digebuk 4-1 (2-1) di Old Trafford. MU pun melenggang ke partai final Liga Champions menghadapi Barcelona berkat keunggulan agregat mencolok 6-1.

Liputan6.com, Manchester: Manchester United tidak memberi angin kepada Schalke 04 yang digebuk 4-1 (2-1) dalam partai leg kedua di Old Trafford, Rabu (4/5) malam waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. MU pun melenggang ke partai final Liga Champions menghadapi Barcelona berkat keunggulan agregat mencolok 6-1.

Sir Alex Forguson membuat sembilan perubahan dari susunan 11 pemain utama Manchester United yang dikalahkan Arsenal akhir pekan lalu. Hanya Edwin van der Sar dan Anderson yang tetap dipertahankan. Sedangkan Schalke, pelatih Ralf Rangnick bisa menurunkan stopper Benedikt Hoewedes setelah sempat didera sakit perut. Semantara Klaas-Jan Huntelaar duduk di bench usai absen dua bulan akibat cedera lutut.

Schalke yang membutuhkan kemenangan tiga gol mengancam lewat tembakan jauh Jefferson Farfan pada menit kedelapan yang arahnya masih melebar. Klub Bundesliga ini juga lebih banyak menguasai bola dan mengambil inisiatif serangan hingga babak pertama bergulir 20 menit.

Namun di saat memiliki peluang, anak-anak asuhan Ferguson lebih efektif. Hal ini tampak pada menit ke-26 ketika Antonio Valencia membawa MU memimpin 1-0. Menerima umpan terobosan Darron Gibson yang diawali kesalahan umpan pemain Schalke di lini tengah, Valencia dengan tenang menyeploskan bola di sela kaki kiper lawan Manuel Neuer.

MU pun semakin menjauh dengan gol kedua yang dibukukan Gibson pada menit ke-32. Tembakan keras gelandang asal Republik Irlandia itu tak mampu dibendung Neuer yang membuat Setan Merah unggul secara agregat 4-0.

Schalke merespon cepat. Selang tiga menit atau menit ke-35, Jose Manuel Jurado memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Tembakan striker asal Spanyol ini menghujam setelah diawali kesalahan Chris Smalling. Gol tersebut menumbuhkan kepercayaan diri Schalke. Die Koenigsblauen semakin meningkatkan tekanan, namun hingga babak pertama usai kedudukan 2-1 tidak juga berubah.

Rangnick mengaktifkan Edu Goncalves yang berarti membuat Raul duiberi kebebasan di lini depan. Strategi ini membuat serangan Schalke lebih bergelombang. Menghadapi situasi ini Ferguson menguatkan barisan pertahanan dengan memasukkan Patrice Evra yang lebih berpengalaman.

Tak juga mendapat gol tambahan Rangnick memasukkan Huntelaar yang menggantikan Hoewedes. Tetapi, strategi menyerang frontal ini menjadi bumerang bagi Schalke. Semenit setelah gol Smalling dianulir akibat offside, Anderson menjauhkan MU dari kejaran Schalke. Anderson tidak menyia-nyiakan peluang pada menit ke-72 yang dibuka Nani melalui tusukannya di sisi kiri pertahanan lawan.

MU praktis menampatkan diri di Wembley Stadium setelah Anderson membukukan gol keduanya pada menit ke-76. Kali ini gelandang internasional Brasil itu mengkonversi assist yang dipersembahkan Dimitar Berbatov. MU memimpin 4-1 atau secara agregat 6-1. Apes bagi Schalke, gol yang dilesakkan Huntelaar yang memanfaatkan bola rebound dimentahkan wasit lantaran striker asal Belanda itu sudah berdiri pada posisi offside.

Schalke pun hampir semakin dipemalukan oleh penyerang pengganti Michael Owen. Namun Neuer dengan brilian menepis tembakan Owen di injury time. Dengan kemenangan meyakinkan ini, MU melaju ke partai puncak menghadapi Barcelona di Wembley Stadium pada 28 Mei dengan agregat 6-1.(DIM)

Susunan pemain:
Man Utd: Van der Sar; Rafael Da Silva (Evra 60), Smalling, Evans, O'Shea, Gibson (kk), Scholes (kk) (Fletcher 73), Anderson (kk), Valencia, Berbatov (Owen 77), Nani.
Schalke 04: Neuer; Uchida, Howedes (Huntelaar 70), Metzelder, Escudero (kk), Papadopoulos, Jurado, Farfan (Matip 75), Baumjohann (Edu 46), Draxler, Raul.
Wasit: Pedro Proenca (Portugal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini