Sukses

Mourinho Dihukum Lima Laga

Buntut dari pengusiran dan komentar sinis pada dan setelah leg pertama semifinal Liga Champions melawan Barcelona. Pelatih Real Madrid Jose Mourinho diskors berada di pinggir lapangan (touchline ban) sebanyak lima laga di kompetisi Eropa.

Liputan6.com, Nyon: Pelatih Real Madrid Jose Mourinho diskors berada di pinggir lapangan (touchline ban) sebanyak lima laga di kompetisi Eropa. Demikian keputusan yang dijatuhkan UEFA, Jumat (6/5), menyusul pengusiran dan komentar sinis saat dan setelah leg pertama semifinal Liga Champions melawan Barcelona di Santiago Bernabeu.

Tidak itu saja. Mourinho yang musim lalu menjuarai Liga Champions bersama Inter Milan juga dikenai denda 50 ribu euro atau Rp 630 juta oleh Komite Kontrol dan Disiplin UEFA akibat ulahnya.

Konfederasi Sepakbola Eropa tersebut juga menyatakan skorsing Mourinho sudah termasuk leg kedua melawan Barcelona di Nou Camp, Selasa (3/5). Sedangkan skorsing untuk partai final ditunda atau masa percobaan sampai tiga tahun ke depan. Artinya, Mourinho akan menjalani hukuman touchline ban di tiga partai pertama Liga Champions musim depan.

Mourinho diusir wasit di pertengahan babak kedua setelah memprotes keputusan wasit yang mengkartumerahkan bek Madrid Pepe setelah melanggar bek Barcelona Daniel Alves. Seusai pertandingan Mourinho melancarkan serangan ke Pep Guardiola, pelatih Barca. Ia juga menuding adanya konspirasi di antara wasit dan UEFA untuk menguntungkan Barca.

Sementara itu, kiper cadangan Barcelona Jose Manuel Pinto diskors tiga pertandingan akibat diusir wasit lantaran terlibat keributan dengan pemain Madrid saat memasuki ruang ganti di masa istirahat. Pinto sudah menjalani suspensi satu partai saat Barca menjamu Madrid di leg kedua dan tidak akan dilibatkan dalam partai final melawan Manchester United di Wembley pada 28 Mei.

Sedangkan untuk Pepe, UEFA menjatuhkan skorsing satu pertandingan yang sudah dijalaninya ketika Madrid berkunjung ke Nou Camp. Madrid juga didenda 20 ribu euro (Rp 252 juta) akibat ulah suporter mereka yang melempar benda-benda asing ke dalam lapangan dan memasuki lapangan.

Baik Madrid maupun Barca menyatakan telah mempersiapkan banding terhadap keputusan UEFA, untuk kasus Mourinho dan Pinto, seperti tertuang di laman resmi masing-masing klub.(DIM/uefa.com/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini