Sukses

Jerman Tetap Perkasa

Hampir dipastikan Jerman menjuarai Grup A kualifikasi Euro 2012 sekaligus tiket otomatis ke putaran final. Der Panzer mencetak tujuh kali kemenangan beruntun usai mengalahkan Azerbaijan.

Liputan6.com, Baku: Hampir dipastikan Jerman tampil sebagai juara Grup A kualifikasi Euro 2012 yang berarti tiket otomatis melaju ke putaran final yang akan berlangsung di Polandia-Ukraina, Juni 2012. Hal itu menyusul kemenangan 3-1 (2-0) yang ditoreh skuad asuhan Joachim Loew dari tuan rumah Azerbaijan dalam laga yang berlangsung di Tofik Bakhramov Stadium, Baku, Selasa (7/6) malam waktu setempat atau Rabu (8/6) dinihari WIB.

Meski tampil dengan sejumlah pemain kelas duanya, Der Panzer terlalu tangguh untuk dihadapi skuad asuhan Berti Vogts. Sempat mengancam gawang Manuel Neuer di menit-menit awal babak pertama, Azerbaijan tak sanggup menahan dominasi Mesut Ozil dkk. Di menit ke-30, Ozil membuka kemenangan Jerman. Gol keempat Ozil bagi timnas.

Gol tersebut kian membuat tim tamu merajalela. Ozil kembali tampil jadi pahlawan berkat assistsnya kepada Mario Gomez yang mencetak gol kedua empat menit menjelang turun minum tiba. Mendapat umpan jauh dari Holger Badstuber, gelandang Real Madrid tersebut menyodorkan crossing akurat ke mulut gawang yang dengan mudah diteruskan Gomez. Skor 2-0.

Di babak kedua, Azerbaijan berusaha mencari gol balasan. Namun, justru Jerman yang nyaris memperbesar keunggulan ketika dua peluang emas gagal diselesaikan Ozil dan Gomez. Usaha gigih yang ditunjukkan Ruslan Abushev dkk akhirnya membuahkan hasil satu menit jelang waktu normal berakhir.

Berawal dari kesalahan Neuer mengantisipasi bola silang dan barisan pertahanan Jerman yang gagal menyapu bersih bola liar, tembakan Mused Huseynov dari jarak dekat membuat Azerbaijan memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Akan tetapi, Jerman yang tersengat memastikan keunggulan menjadi 3-1 melalui sepakan striker pengganti Andre Schurrle yang memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Gomez yang diblok kiper Kamran Agayev.

Dengan hasil ini, Jerman memperpanjang rekor sempurnanya dengan mencatat tujuh kali kemenangan dari tujuh laga yang telah dilalui. Mengoleksi 21 poin, Der Panzer unggul jauh, 10 angka dari Belgia yang juga telah menyelesaikan tujuh partai dan 11 poin dari Turki yang baru menjalani enam pertandingan. Artinya, jika Jerman meraih kemenangan saat menjamu Austria atau Turki gagal meraih kemenangan saat melayani Kazakhstan pada 2 September mendatang, Jerman dipastikan tampil sebagai juara grup dan lolos ke putaran final.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini