Sukses

Kepulauan Faroe Petik Kemenangan Perdana

Salah satu tim terlemah di Eropa Kepulauan Faroe memetik kemenangan 2-0 (1-0) dari Estonia dalam kualifikasi Euro 2012 Grup C. Hasil maksimal kali pertama yang diraih Faroe sejak 1995.

Liputan6.com, Toftir: Salah satu tim terlemah di Eropa, Kepulauan Faroe akhirnya berhasil memetik kemenangan perdana di babak kualifikasi Euro 2012 Grup C usai mengalahkan tamunya Estonia 2-0 (1-0) dalam laga yang berlangsung di Svangaskard Stadion, Toftir, Selasa (7/6) malam waktu setempat atau Rabu (8/6) dinihari WIB. Kemenangan ini sekaligus jadi balas dendam bagi Faroe yang pada pertemuan pertama, 11 Agustus 2010, dikalahkan Estonia 1-2 (1-0).

Dalam pertandingan yang diwarnai dengan dikeluarkannya dua kartu merah bagi Sander Puri (Estonia) di menit ke-56 dan Pol Juspinusen (Faroe) di menit ke-89, tuan rumah mencetak gol pertama di menit ke-43 melalui eksekusi penalti Frodi Benjaminsen. Dua menit setelah babak kedua dimulai, Faroe kembali mendapat hadiah tendangan penalti. Eksekusi yang kembali dilakukan Benjaminsen dapat diblok kiper Sergei Pareiko. Namun, bola rebound dapat dimanfaatkan Arnbjorn Hansen. Skor 2-0 untuk Faroe bertahan sampai bubaran.

Meski meraih kemenangan pertama di ajang kualifikasi sejak 1995, Faroe tetap menempati posisi juru kunci klasemen grup dengan jumlah 4 poin hasil dari 7 pertandingan. Sementara, Estonia tertahan di peringkat keempat dengan jumlah 7 angka hasil dari 7 partai.

Sementara itu, di Grup E, kemenangan besar 5-0 (3-0) saat menjamu Finlandia di Rasuna Stadium, Stockholm, membuka peluang Swedia untuk lolos ke putaran final. Tiga dari lima gol kemenangan Svenska diborong bomber AC Milan Zlatan Ibrahimovic di menit ke-31, menit ke-34, dan menit ke-53. Dua gol lainnya dicetak Kim Kallstrom di menit ke-10 dan Emir Bajrami di menit ke-83.

Dengan hasil ini, Swedia memantapkan posisinya di peringkat dua besar dengan jumlah 15 poin hasil dari 6 partai atau tertinggal tiga angka dari pimpinan klasemen Belanda. Sementara posisi tiga besar diduduki Hungaria yang mengumpulkan 12 poin dari 7 partai usai mengalahkan tim lemah lainnya San Marino 3-0 (1-0).

Dalam pertandingan lainnya di Grup D, tuan rumah Belarusia unggul 2-0 (0-0) dari tamunya Luksemburg. Dua gol kemenangan Belarusia dihasilkan Sergey Kornilenko dari titik putih penalti di menit ke-48 dan Anton Putsilo di menit ke-73. Kemenangan dengan skor yang sama juga dipetik Bosnia-Herzegovina saat menjamu Albania. Dua gol kemenangan Bosnia dihasilkan Haris Medunjanin di menit ke-66 dan Darko Maletic di menit pertama injury time.

Dengan hasil ini, Belarusia dan Bosnia mempertahankan peluangnya bersaing dengan Prancis. Belarusia menduduki peringkat kedua dengan jumlah 12 poin hasil dari 7 partai atau tertinggal satu angka dari Les Bleus yang baru menyelesaikan 6 pertandingan. Sementara, Bosnia bertengger di peringkat ketiga dengan jumlah 10 poin dari 6 laga.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini