Sukses

Jinakkan Ceska, Belarusia Raih Juara Tiga

Belarusia meraih juara tiga yang berarti satu tempat di Olimpiade 2012 setelah mengalahkan Republik Ceska 1-0 (0-0). Gol tunggal Igor Filipenko memasuki akhir pertandingan menjadi gol semata wayang kemenangan Belarusia.

Liputan6.com, Aalborg: Belarusia meraih juara ketiga Piala Eropa U-21 setelah mengalahkan Republik Ceska 1-0 di Aalborg, Denmark, Sabtu (25/6) malam WIB. Gol tunggal Belarusia diciptakan Igor Filipenko menjelang pertandingan usai. Selain hadiah hiburan, negara pecahan Uni Soviet itu berhak atas tiket tampil di Olimpiade 2012 di London, Inggris.

Ceska menguasai jalannya permainan di babak pertama. Mereka mengancam melalui tendangan jarak jauh Marek Suchy dan tendangan bebas Adam Hlousek yang tidak terlampau jauh dari sasaran sebelum meninggalkan lapangan dengan hidung yang retak.

Namun Belarusia bangkit mengubah arah angin di paruh kedua. Kiper Ceska Tomas Vaclik dibuat sibuk oleh serangan yang di antaranya datang dari Pavel Nekhaychik dan Maksim Skavysh. Stanislav Dragun dua kali membahayakan gawang Ceska melalui sundulan.

Kiper Belarusia Aleksandr Gutor juga dites kesigapannya. Tepisan Gutor yang menghalau sundulan pemain pengganti Libor Kozak membuat bola hanya menerpa tiang gawang. Keuntungan berpihak pada Belarusia. Di menit ke-75 Ceska bermain dengan 10 orang setelah Lukas Vascha diganjar kartu kuning untuk kedua kalinya akibat handball.

Unggul jumlah pemain tidak disia-siakan Belarusia. Serangan yang semakin intensif berbuah gol penentu kemenangan dua menit sebelum waktu normal berakhir. Filipenko dengan tendangan volinya menggetarkan gawang Ceska. Gol yang membawa Belarusia berhak tampil di putaran final Olimpiade untuk pertama kali.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini