Sukses

Brasil Kokoh Memimpin

Brasil memukul Paraguay 2-1 (1-1) di Estadio do Arruda dalam babak kualifikasi Piala Dunia (PD) 2010. Hasil maksimal itu mengokohkan Brasil di puncak Zona Amerika Latin. Partai lain, Uruguay gagal memetik hasil maksimal dari Venezuela.

Liputan6.com, Recife: Brasil memperoleh kemenangan krusial dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia (PD), Kamis (11/6) WIB. Tertinggal lebih dulu, Brasil menekuk sesama pimpinan Zona Amerika Selatan, Paraguay, dengan skor 2-1 (1-1) di Estadio do Arruda. Kemenangan tersebut membuat Brasil kokoh memimpin dari 14 kali bertanding.

Brasil memulai pertandingan dengan awalan menjanjikan. Alur bola dikuasai dan serangan lebih gencar dibangun. Akan tetapi Paraguay mengejutkan publik tuan rumah memasuki menit ke-25. Dari tendangan bebas Salvador Cabanas bola liar tidak mampu dihentikan Julio Cesar setelah sebelumnya membentur Elano.

Brasil yang terus menggempur akhirnya berhasil menyamakan kedudukan ketika babak pertama tersisa empat menit. Gol penyeimbang dihasilkan Robinho yang mengkonversi sodoran Daniel Alves. Keberhasilan menyamakan kedudukan membuat Selecao makin trengginas dalam menyerang di paruh kedua.

Lima menit pascaturun minum Brasil memimpin. Nilmar yang dipercaya menggantikan peran Luis Fabiano akibat terkena suspensi dengan lugas memanfaatkan kemelut di depan gawang Justo Villar. Skor 2-1 dan Brasil tidak mengendurkan tekanan. Beberapa menit kemudian sepakan melengkung Robinho dengan brilian diselamatkan Villar.

Alexandre Pato masuk menggantikan Nilmar. Striker belia AC Milan ini memiliki peluang emas mencetak gol pada menit ke-79. Di saat gawang sudah menganga, sepakan Pato melebar. Dua menit kemudian giliran Robinho yang membuang peluang. Sampai pertandingan usai kedudukan 2-1 tetap milik Brasil.

Sementara itu pada pertandingan lain yang dimainkan di Puerto Ordaz, tuan rumah Venezuela meredam ambisi Uruguay dalam meraup poin penuh. Uruguay yang akhir pekan lalu dipermak Brasil harus puas pulang dengan mengantongi satu poin karena bermain imbang 2-2 (1-0). Gol Venezuela dihasilkan Giancarlo Maldonado (9) dan Sebastian Rey (75). Sementara gol Uruguay dihasilkan Luis Suarez (61) dan Diego Forlan (71).

Berikut hasil lengkap kualifikasi PD Zona Amerika Selatan, Kamis (11/6) WIB:
Ekuador 2 (Ayovi 71; Palacios 83) vs Argentina 0
Kolombia 1 (Falcao 26) vs Peru 0
Brasil 2 (Robinho 40; Nilmar 50) vs Paraguay 1 (Cabanas 25)
Chile 4 (Beausejour 43; Estrada 73; Alexis Sanchez 77 dan 89) vs Bolivia 0
Venezuela 2 (Maldonado 9; Manuel Rey 74) vs Uruguay 2 (Luis Suarez 61; Forlan 71)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini