Sukses

Burley Meminta, Fletcher Menolak

Jelang laga krusial lawan Norwegia di kualifikasi PD 2010, pelatih Skotlandia, George Burley meminta Darren Fletcher absen di laga Community Shield.

Liputan6.com, Glasgow: Dari lima tim yang tergabung di Grup 9 Kualifikasi Piala Dunia (PD) 2010 Zona Eropa, baru Belanda yang telah memastikan diri lolos otomatis ke Afrika Selatan dan Islandia yang tersingkir. Tiga tim lainnya: Skotlandia, Macedonia, dan Norwegia, masih berpeluang meraih tiket ke turnamen paling bergengsi sedunia itu dengan cara lolos ke babak play-off. Untuk itu, ketiga tim harus bersaing menjadi runner-up grup.

Melihat klasemen sementara, The Tartan Army, julukan Skotlandia, mempunyai peluang lebih besar. Skuad asuhan George Burley itu untuk sementara menempati peringkat kedua dengan jumlah tujuh (7) poin dari lima (5) pertandingan. Jumlah poin yang sama diraih Macedonia yang telah menyelesaikan enam partai. Sementara, Norwegia untuk sementara berada di peringkat juru kunci dengan jumlah tiga poin dari lima laga.

Artinya, partai antara The Viking, julukan Norwegia, dan Skotlandia yang direncanakan akan dilangsungkan di Ullevaal Stadion, Oslo, Rabu (12/8) pekan depan sangat krusial bagi peluang kedua tim. Norwegia wajib meraih tiga poin demi membuka peluang lolos ke babak play-off. Kalah artinya tersingkir. Di lain pihak, Skotlandia dituntut tidak boleh kehilangan satu poin pun dari tiga laga tersisa.

Karena itu, jelang laga krusial tersebut, bos Skotlandia Burley meminta gelandang andalannya Darren Fletcher untuk absen di laga Community Shield—partai tradisi pembuka kompetisi Liga Premier—antara Manchester United dan Chelsea di Wembley Stadium, Minggu (9/8). Burley waswas jika di laga tersebut Fletcher dibekap cedera. Pasalnya, sejauh ini Skotlandia telah kehilangan sejumlah pemain kuncinya, seperti kapten Stephen McManus, kiper utama Craig Gordon, Gary Naysmith, Kirk Broadfoot, Chris Iwelumo, James Morrison, dan Barry Robson.

Sayang, keinginan atau permintaan Burley itu membentur tembok. Meski telah melobi manajer MU Sir Alex Ferguson, Burley harus menelan pil pahit menyusul sikap penolakan Fletcher yang tak ingin mengorbankan peluangnya tampil reguler bersama tim inti MU. Burley hanya mendapat kepastian jika seusai laga di Wembley, Fletcher yang bakal diplot sebagai kapten tim bakal segera bergabung bersama tim.

Burley mengaku memahami penolakan Fetcher. “Tidak ada pemain yang komitmennya bagi timnas lebih dari Darren Fletcher. Sangat jelas, ia berada dalam posisi yang sulit dimana persaingan untuk tampil di Wembley begitu ketat. Saya yakin jika pemain lainnya pun akan mengambil putusan serupa. Ia akan bergabung bersama tim di hotel tempat kami menginap pada Minggu. Ia (Fletcher) akan menjadi kapten dimana di Norwegia kami bakal berupaya mencari tiga angka yang kami butuhkan,” tegas Burley seperti yang dikutip Daily Mail. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini