Sukses

Permalukan Argentina, Brasil Melaju ke Afsel

Brasil melangkah ke putaran final Piala Dunia 2010 dengan manis. Kepastian didapat di tanah musuh bebuyutan, Argentina yang dipermalukan 3-1 (2-0).

Liputan6.com, Rosario: Dukungan penonton tidak mampu menghindari Argentina dari kekalahan. Di Stadion Gigante de Arroyito, Rosario, Minggu (6/9) pagi WIB, Brasil mempermalukan tuan rumah dengan skor 3-1 (2-0). Dua gol di antaranya dihasilkan Luis Fabiano.

Kemenangan sangat manis yang memastikan langkah Brasil menuju putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Argentina tertahan di peringkat keempat dengan 22 poin atau tertinggal delapan poin dari Brasil di sisa tiga pertandingan yang dimiliki. Posisi Argentina tidak digeser lantaran Ekuador sebelumnya dikalahkan Kolombia.

Benar saja, Dunga tidak gentar menurunkan formasi menyerang meski bermain di kandang musuh bebuyutan. Kaka dan Robinho tetap mendampingi Fabiano. Di tengah Elano menemani Felipe Melo dan Gilberto Silva. Perubahan diterapkan Diego Maradona. Dari yang biasanya menggunakan 4-3-3, Albiceleste turun dengan 4-4-2. Carlos Tevez mendampingi Lionel Messi. Juan Sebastian Veron berperan sentral di tengah bersama Javier Mascherano.

Formasi Brasil, yang Juni lalu memenangi Piala Konfederasi, bermain lebih solid meski Argentina berusaha menekan sejak awal. Selain bermain menunggu, Selecao memanfaatkan set-piece dengan baik. Gol pembuka menit ke-23 berawal dari tendangan bebas Elano yang diteruskan sundulan Luisao.

Publik tuan rumah terhenyak oleh longgarnya pertahanan Argentina yang membiarkan Luisao berdiri bebas tanpa kawalan. Stadion Gigante semakin bungkam saja tujuh menit kemudian. Fabiano dengan jeli melihat ruang kosong untuk menyambut bola liar tendangan Maicon yang ditepis kiper Mariano Andujar. 2-0 Brasil memimpin.

Di babak kedua Maradona menambah opsi penyerangan dengan memasukkan Sergio Aguero. Tekanan yang diberikan “Tim Tango” kian hebat. Tim tamu bermain tenang, terutama lini pertahanan yang dikoordinir kapten tim, Lucio. Gawang yang dikawal Julio Cesar baru bisa terkoyak oleh tendangan spektakuler jarak jauh dari Jesus Datolo pada menit ke-65.

Antusias menyerang, lobang menganga di lini belakang Argentina. Brasil membalas satu menit kemudian dengan gol yang tidak kalah indahnya. Didahuli olah bola apik dari serangan balik, Kaka mengirim umpan terbosan yang pas ke Fabiano. Dengan sepakan chip, Fabiano memperdayai Andujar untuk kembali membawa Brasil unggul dua gol. Sampai pertandingan usai Argentina tidak bisa mengejar ketinggalan.

Susunan pemain:
Argentina: Mariano Andujar; Javier Zanetti, Gabriel Heinze, Sebastian Dominguez, Nicolas Otamendi; Maxi Rodriguez (Sergio Aguero 45), Javier Mascherano (kk), Jesus Datolo, Juan Veron (kk); Lionel Messi, Carlos Tevez (Diego Milito 68).
Brasil: Julio Cesar; Maicon, Luisao (kk), Andre Santos, Lucio (kk); Gilberto Silva, Elano (Daniel Alves 67), Felipe Melo; Kaka (kk); Luis Fabiano (kk) (Adriano 76), Robinho (Ramires 67 (kk)).
Wasit: Oscar Ruiz (Kolombia).

Berikut hasil lain kualifikasi PD 2010 Zona Amerika Selatan, Sabtu (5/9):
Kolombia 2 vs Ekuador 0
Peru 1 vs Uruguay 0
Paraguay 1 vs Bolivia 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini