Sukses

Skotlandia Tersingkir

Kandas sudah harapan Skotlandia berlaga di putaran final Piala Dunia 2010. Di partai terakhir, Darren Fletcher dkk kalah 0-1 (0-0) dari Belanda. Posisi kedua Grup 9 ditempati Norwegia yang unggul 2-1 atas Macedonia.

Liputan6.com, Glasgow: Untuk kali ketiga secara berturut-turut, Skotlandia gagal berlaga di ajang putaran final Piala Dunia (PD). Di partai terakhir kualifikasi PD 2010 Zona Eropa Grup 9, Darren Fletcher dkk harus mengakui keunggulan tim tamu Belanda 0-1 (0-0) dalam pertandingan yang berlangsung di Hampden Park, Glasgow, Rabu (9/9) malam waktu setempat atau Kamis (10/9) dinihari WIB. Satu-satunya gol kemenangan Tim Oranye yang telah lebih dulu meraih tiket otomatis ke Afrika Selatan dicetak pemain pengganti Eljero Elia delapan menit sebelum waktu normal berakhir.

Sejatinya, Skotlandia masih berharap dapat menduduki peringkat dua besar sebagai upaya meraih salah satu tempat di babak play-off. Sayang, dalam pertandingan lainnya, Norwegia mampu meraih tiga poin maksimal setelah menyudahi perlawanan Macedonia 2-1 (2-0) dalam laga yang digelar di Ullevaal Stadion, Oslo. Dua gol kemenangan The Viking dicetak Thorstein Helstad di menit kedua dan John Arne Riise di menit ke-26. Gol balasan Macedonia diciptakan Boban Grncarov di menit ke-79.

Dengan hasil di atas, Belanda kian mengukuhkan dirinya di puncak klasemen dengan nilai sempurna 24 poin dari 8 pertandingan. Norwegia berhak menempati peringkat dua besar menyingkirkan Skotlandia. Meski sama-sama mengumpulkan 10 poin, Norwegia unggul selisih gol, plus dua gol (9-7) berbanding minus (-) 5 gol yang dibukukan Skotlandia (6-11).

Untuk sementara dari jatah delapan runner-up grup terbaik dari sembilan tim yang bertengger di peringkat kedua grup, Norwegia berada di posisi kedelapan. Namun, posisi Norwegia belum aman 100 persen mengingat grup-grup lainnya belum menyelesaikan semua pertandingan. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini