Sukses

Portugal Buka Pintu ke Afrika Selatan

Kemenangan sangat penting diraih Portugal guna menghidupkan peluangnya melaju ke Afrika Selatan. Bertandang ke Ferenc Puskas Stadium, Cristiano Ronaldo dkk unggul 1-0 langsung atas Hungaria.

Liputan6.com, Budapest: Provokasi Carlos Queiroz membuahkan hasil. Timnas Portugal membuka peluangnya melaju ke putaran final Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan setelah meraih kemenangan 1-0 langsung atas tuan rumah Hungaria dalam pertandingan yang digelar di Ferenc Puskas Stadium, Budapest, Rabu (9/9) malam waktu setempat atau Kamis (10/9) dinihari WIB. Gol semata wayang kemenangan Portugal tercipta lewat sundulan bek Real Madrid, Pepe ketika babak pertama baru berlangsung 10 menit.

Kemenangan untuk kali ketiga itu sangat penting artinya bagi Portugal untuk bersaing dengan Denmark, Swedia, dan Hungaria merebut tiket otomatis dan tiket play-off. Tambahan tiga poin maksimal itu membuat Portugal naik satu strip ke peringkat ketiga dengan jumlah 13 poin, unggul selisih gol dari Hungaria.

Dalam pertandingan lainnya, Swedia menjaga peluangnya setelah menaklukkan perlawanan tim juru kunci klasemen, Malta 1-0 (0-0). Satu-satunya gol kemenangan Swedia tercipta lewat gol bunuh diri Ian Azzopardi di menit ke-81. Kemenangan yang membuat posisi Swedia terdongkrak ke urutan dua besar dengan jumlah 15 poin.

Sementara itu dalam pertandingan lainnya yang berlangsung di Qemal Stafa Stadium, Tirana, tim tamu Denmark gagal memperlebar jarak dengan para pesaingnya setelah harus puas bermain imbang 1-1 (1-0) dengan tuan rumah Albania. Keunggulan Denmark lewat gol yang dicetak striker Arsenal, Nicklas Bendtner di menit ke-40 mampu disamakan tuan rumah yang membalasnya lewat gol Erjon Bogdani di menit ke-51.

Alhasil, meskipun masih kokoh di puncak klasemen, posisi Denmark belum aman sepenuhnya mengingat di dua laga berikutnya, Denmark akan berhadapan dengan Swedia dan Hungaria. Keuntungan Denmark adalah kedua laga tersebut akan berlangsung di kandang sendiri, Parken Stadium, Kopenhagen.

Persaingan ketat juga terjadi di Grup 2. Swiss yang menghuni posisi pertama ditahan Latvia 2-2 (0-1) di Riga. Gol Alexander Frei yang membuat Swiss memimpin di babak pertama dibalas dua gol Latvia dari Alexandrs Cauna pada menit ke-62 Vitalijs Astafjevs pada menit ke-75. Eren Derdiyok menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Hasil seri itu memastikan Swiss setidaknya bisa merebut tiket ke babak play-off. Hasil menyakitkan dituai Yunani di Chisinau. Memimpin 1-0 atas tuan rumah Moldova hingga 90 menit, kemenangan di depan mata dihapus Valeriu Andronic berkat golnya di masa stoppage time(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini