Sukses

Slovakia Selangkah Lagi, Rusia Kuntit Jerman

Slovakia menatap sejarah untuk tampil di putaran final Piala Dunia setelah mengalahkan Irlandia Utara 2-0 (1-0) di Grup 3 Zona Eropa. Sementara di Grup 4, Rusia dan Jerman memetik poin penuh dari lawan-lawannya.

Liputan6.com, Belfast: Penantian Slovakia untuk tampil di putaran final Piala Dunia tinggal selangkah. Sejak pecah dengan Republik Ceska pada 1992, kesempatan itu terbuka lebar tahun depan di Afrika Selatan setelah pada partai kedelapan Grup 3 Zona Eropa mereka memetik kemenangan dua gol tanpa balas dari Irlandia Utara, Kamis (10/9) dini hari WIB.

Gol pembuka Slovakia di Windsor Park, Belfast, datang pada menit ke-15 melalui Stanislav Sestak. Sementara gol kedua yang mengubur ambisi Irlandia Utara merebut poin penuh di kandang sendiri dibukukan Filip Holosko pada mneit ke-67. Kemenangan tersebut membuat Slovakia tinggal membutuhkan satu poin dari dua partai tersisa, menghadapi Slovenia (10/10) dan Polandia empat hari kemudian.

Gagalnya Slovakia melaju lebih cepat dikarenakan Slovenia berhasil meraup poin penuh dengan mengalahkan Polandia 3-0 di Maribor. Tiga gol Slovenia dihasilan Zlatko Dedic (12), Milivoje Novakovic (45) dan Valter Birsa (63). Persaingan seru terjadi dalam perebutan tiket play-off. Slovenia dengan raihan 14 poin, Irlandia Utara (14), Ceska (12) dan Polandia (11) berurutan berada di bawah Slovakia. Irlandia Utara tidak diuntungkan karena sudah bermain sembilan kali.

Sementara di Grup 4, Rusia menjaga persaingan dengan Jerman sesudah membekuk Wales 3-1 di Cardiff. Igor Semshov membuka kemenangan Rusia pada menit ke-36. Sempat disamakan James Collins (54), tim asuhan Guus Hiddink kembali memimpin lewat gol Sergei Ignashevich (72). Roman Pavlyuchenko satu menit melewati waktu normal.

Kemenangan itu membuat Rusia menempel Jerman di posisi puncak dengan selisih satu poin. Der Panzer menjaga kepemimpinan dengan 22 poin setelah menggasak Azerbaijan 4-0. Pesta gol di Hannover dimulai eksekusi penalti sempurna dari Michael Ballack pada menit ke-14. Miroslav Klose dua kali membobol gawang Azerbaijan pada menit ke-55 dan ke-66, sebelum ditutup Miroslav Klose pada menit ke-71.

Keberhasilan meraih hasil positif tersebut membuat Jerman dan Rusia dipastikan menjadi dua tim yang berpeluang ke Afsel, setidaknya melalui jalur play-off. Finlandia gagal memeliahara kesempatan lantaran bermain imbang 1-1 dengan Liechtenstein.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.