Sukses

Paraguay Ikuti Jejak Brasil

Selang empat hari Brasil lolos ke putaran final Pila Dunia 2010, langkah tersebut diikuti Paraguay. Kepastian juga didapat dengan cara serupa, dengan mengalahkan tim asuhan Diego Maradona yang kali ini mengakhiri permainan dengan 10 pemain.

Liputan6.com, Asuncion: Paraguay mencatat kemenangan 1-0 (1-0) atas Argentina dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2010 Zona Amerika Selatan, Rabu (9/9) atau Kamis pagi WIB. Kemenangan ini mengantarkan Paraguay untuk keempat kalinya berturut-turut berlaga di putaran final Piala Dunia.

Satu-satunya gol kemenangan La Albirroja (julukan buat Timnas Paraguay) dipetik Nelson Haedo Valdez pada menit ke-27. Haedo Valdez bekerjasama satu-dua dengan gelandang Edgar Bonet sebelum menerima umpan dari Salvador Cabanas yang dituntaskan dengan sepakan mendatar melewati kiper Argentina, Sergio Romero. Meski tipis, kemenangan itu cukup bagi Paraguay mengikuti jejak Brasil yang empat hari lalu melaju ke Afrika Selatan juga dengan menundukkan Argentina.

Tim asuhan Diego Maradona semakin merasakan pahitnya setelah pada menit ke-52 Juan Sebastian Veron diusir wasit Salvio Fagundes yang menghadiahinya dengan kartu kuning kedua akibat mengangkat kakinya terlalu tinggi. Diusirnya Veron menjadi petaka lantaran gelandang yang bermain untuk Estudiantes itu merupakan salah satu pemain yang bermain cemerlang di kubu Albiceleste.

Paraguay kini menduduki peringkat kedua dengan jumlah poin sama dengan Brasil yang memainkan pertandingannya kemudian menghadapi Chile. Hasil di Stadion Defensores del Chaco, Asuncion, merupakan kekalahan ketiga beruntun buat Argentina. Kekalahan itu membuat posisi Argentina tergeser ke peringkat kelima, posisi play-off yang akan menghadapi  peringkat keempat Zona CONCACAF, setelah Ekuador sebelumnya menundukkan Bolivia 3-1 (1-0) di La Paz.

Kemenangan Ekuador diawali gol Edison Mendez pada menit keempat. Satu menit babak kedua berjalan Antonio Valencia menggandakan kemenangan La Tri, sebutan untuk Timnas Ekuador, sebelum Christian Benitez membukukan gol ketiga pada menit ke-56. Gol hiburan Bolivia di kandangnya di bukukan Gerardo Yecerotte empat menit sebelum bubaran.

Ekuador menempati peringkat keempat dengan 23 poin, unggul satu poin dari Argentina yang posisinya dibuntuti Uruguay yang kini hanya berselisih satu poin setelah menundukkan Kolombia 3-1 (1-0). Uruguay mengalahkan Kolombia dalam partai yang diwarnai dua kartu merah, masing-masing untuk Carlos Suarez (Uruguay) pada menit ke-29 dan Teofilo Gutierrez (Kolombia) pada menit ke-46. Tiga gol Uruguay dibukukan Luis Suarez (6), Andreas Scotti (76) dan Sebastian Eguren (87). Satu gol hiburan datang pada menit ke-63 melalui Jackson Martinez.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.