Sukses

Nilmar Hat-trick, Brasil Bungkam Chile

Brasil tidak memberi angin buat Chile. Meski sudah memastikan diri lolos ke putaran final PD 2010, Brasil tetap tampil solid untuk menundukkan Chile 4-2 (2-1) di Salvador, Kamis pagi WIB.

Liputan6.com, Salvador: Meskipun sudah memastikan diri melaju ke Afrika Selatan untuk  musim panas tahun depan, Brasil tetap bersungguh-sungguh ketika menjamu Chile dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia di Salvador, Rabu (9/9) atau Kamis dini hari WIB. Ditandai hat-trick Nilmar, Selecao menang 4-2 (2-1).

Brasil turun tanpa Robinho, Kaka dan Luis Fabiano falam pertandingan yang diwarnai turunnya hujan lebat. Akan tetapi Nilmar mampu menjawab keraguan banyak orang bahwa tuan rumah akan ‘memberi’ partai ini untuk Chile dengan tujuan menyingkirkan Argentina yang beberapa saat sebelumnya kalah dari Paraguay.

Namun Brasil tetap bersungguh-sungguh mempertahankan kehormatan. Nilmar yang mnusim panas ini dibeli Villarreal membuat Brasil memimpin 1-0 pada menit ke-31. Julio Baptista yang dipanggil Dunga untuk menggantikan Kaka menambah keunggulan pada menit ke-40.  Namun menjelang babak pertama usai Humberto Suazo mampu memperkecil ketinggalan Chile dari eksekusi sempurna penalti.

Selepas turun minum pertandingan berjalan panas. Babak kedua baru berjalan empat menit Felipe Melo menerima kartu merah langsung. Unggul jumlah pemain Chile menyamakan kedudukan melalui Humberto pada menit ke-52. Brasil memiliki mental juara. Ketika pertandingan berjalan 73 menit, Nilmar membawa Brasil unggul kembali.

Dua menit kemudian Nilmar memastikan kemenangan 4-2 sekaligus membukukan hat-trick-nya. Kesempatan Chile meraih poin seakan sirna ketika Alexis Sanchez menerima kartu kuning keduanya pada menit ke-76. Bermain dengan jumlah pemain yang kembali berimbang, Brasil dengan mudah mempertahankan kemenangan hingga peluit panjang berbunyi.

Hasil tersebut membuat Brasil menjauh tiga poin dari Paraguay. Sementara Chile harus menunda tiket ke Afsel dan tertahan di peringkat ketiga dengan jumlah poin 27. Meski begitu Chile dipastikan aman untuk jatah play-off, milik peringkat kelima di Zona CONMEBOL.

Sementara itu di partai lainnya Venezuela membuka kans mencatat sejarah tampil di putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Peru 3-1 (1-1) di Stadion Olimpico Luis Ramos, Puerto la Cruz. Nicolas Fedor menyumbangkan dua gol pada menit ke-32 dan ke-52.

Peru sempat menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Juan Fuenmayor empat menit sebelum turun minum. Ronald Vargas memastikan tiga poin milik tuan rumah setekah melesakan bola ke gawang pada menit ke-70. Kemenangan itu mengantar Venezuela menempati peringkat ketujuh dengan 21 poin. Mereka terpaut dua poin dari Ekuador di posisi keempat dan satu poin dari Argentina di tempat kelima.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini