Sukses

Capello Cermati Pantai Gading

Di mata pelatih Timnas Inggris, Fabio Capello, selain tim-tim unggulan, negara yang pantas diwaspadai di putaran final Piala Dunia 2010 adalah Pantai Gading.

Liputan6.com, London: Sempurna. Itulah rapor penampilan Timnas Inggris di babak kualifikasi Piala Dunia (PD) 2010 Zona Eropa Grup 6. Dari delapan pertandingan yang telah dimainkan, The Three Lions sukses meraup hasil maksimal, 24 poin. Alhasil, Inggris meraih tiket otomatis melaju ke putaran final yang akan berlangsung di Afrika Selatan, Juni-Juli mendatang, mengikuti jejak Timnas Belanda yang tampil sebagai jawara Grup 9, dan Timnas Spanyol di Grup 5.

Meski putaran final masih jauh, berlangsung sembilan bulan ke depan, Capello telah memrediksi tim-tim yang bakal jadi batu sandungan bagi John Terry dkk untuk mengulang prestasi emas pada PD 1966 lalu. Sama halnya dengan pendapat pengamat, Capello pun menunjuk sejumlah tim-tim yang telah menjadi langganan putaran final dan yang kerap kali menjadi unggulan FIFA.

“Tim-tim yang berbahaya itu adalah Brasil, Argentina, Spanyol, dan Jerman. Mereka selalu jadi tim unggulan pertama,” kata Capello seperti yang dikutip Daily Mail. “Tentu juga, kami pun pantas memerhatikan Timnas Italia,” tegas pelatih yang lahir di San Canzian d’Isonzo, Provinsi Gorizia tersebut.

Namun, “Pastinya, terdapat satu tim asal Afrika yang pantas diwaspadai. Pantai Gading adalah tim yang sangat bagus. Lagipula, jangan lupa, turnamen kali ini bakal digelar di Afrika. Jadi, semangat mereka (tim-tim yang berasal dari Afrika) akan berbeda,” tegas Capello.

Menengok ke belakang, Amerika Serikat (AS) berhasil meruntuhkan prediksi pengamat dengan meloloskan diri ke babak perempat final PD 1994. Pun begitu pula, dengan kiprah Korea Selatan yang menoreh rekor sebagai tim Asia pertama yang mampu menjadi empat besar dunia dengan hinggap di babak semifinal PD 2002 lalu.

Bagaimana dengan Afrika Selatan sendiri? Meskipun mampu meraih tempat di babak semifinal Piala Konfederasi 2009, Bafana Bafana, julukannya, tampak belum layak dianggap sebagai kuda hitam di PD 2010. Pantai Gading? Boleh jadi, meskipun di PD 2006 lalu, Didier Drogba dkk gagal meloloskan diri dari Grup Maut yang diisi Belanda, Argentina, dan Serbia.

Menurut rencana, pada 4 Desember mendatang, bertempat di Cape Town, FIFA akan menggelar undian grup PD 2010. Capello pastinya berharap Inggris bakal terhindar dari pertemuan dengan tim-tim raksasa, termasuk kuda hitam seperti Pantai Gading. (MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini